Selasa, 12 November 2013

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2013

Abstrak
Triyani Setiyowati ( triyani_setiyowati@yahoo.co.id)
STUDI KEPADATAN LALAT DAN IDENTIFIKASI JENIS LALAT DI PASAR SOKARAJA KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2013
XVI + 87 halaman : narasi, gambar, tabel, lampiran

Pasar yang sehat yang memenuhi syarat sanitasi, salah satunya adalah pengendalian vektor penyakit dan salah satu vektor penyakit yang perlu diperhatikan yaitu lalat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sanitasi pasar, kepadatan lalat, jenis lalat dan pengendaliannya di Pasar Sokaraja.Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian hanya mendeskripsikan tentang kondisi sanitasi, kepadatan lalat, jenis lalat dan pengendaliannya di Pasar Sokaraja. Data tersebut dinarasikan dan dianalisis dalam bentuk tabel kemudian dibandingkan dengan teori-teori dan standar yang ada. Sesuai dengan item pemeriksaan menurut Suharsimi Arikunto tentang persyaratan kesehatan lingkungan pasar, sanitasi di Pasar Sokaraja hasilnya  53 % (kurang baik). Kepadatan lalat rata-rata di Pasar Sokaraja yaitu 6 ekor/ block grill termasuk padat, sehingga perlu pengamanan terhadap tempattempat berbiaknya lalat dan bila mungkin direncanakan upaya pengendaliannya. Jenis lalat yang terdapat di Pasar Sokaraja yaitu Musca domestica, Phaenicia sp dan Sarchopaga. Upaya pengandalian lalat di Pasar Sokaraja tidak ada.
Hasil penelitian kepadatan lalat rata-rata di Pasar Sokaraja yaitu 6 ekor/ block grill. Jenis lalat yang terdapat di Pasar Sokaraja yaitu Musca domestica, Phaenicia sp dan Sarchopaga. Saran untuk pengendalian lalat yaitu melaksanakan pengendalian lalat.

Daftar bacaan  : 29 (1985-2013)
Kata kunci       : Lalat, Vektor, Kesehatan Lingkungan
Klasifikasi        : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar