Senin, 11 November 2013

DESINFEKSI DALAM MENURUNKAN ANGKA KUMAN UDARA DI RUANG

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2013

Abstrak
Hani Dian Prastiwi
EFEKTIFITAS DESINFEKSI DALAM MENURUNKAN ANGKA KUMAN UDARA DI RUANG PERAWATAN PAVILIUN SOEPARJO RUSTAM RSUD PROF. DR. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO 
XV+73 halaman : tabel, gambar, lampiran

RSUD Prof. DR. Margono Soekarjo purwokerto adalah rumah sakit daerah tipe B yang memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis terbatas. Ruang perawatan Paviliun Soeparjo Rustam adalah ruang perawatan yang merawat segala macam penyakit baik penyakit infeksius maupun penyakit non infeksius, sehingga berpotensi terjadinya infeksi nosokomia.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas desinfeksi dalam menurunkan angka kuman udara di ruang perawatan Paviliun Soeparjo Rustam RSUD. Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.
Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Jenis variable yang digunakan yaitu variable bebas (desinfeksi), variable terikat (angka kuman udara), variable pengganggu (suhu, kelembaban, pencahayaan, luas ventilasi dan volume ruangan).
Hasil pemeriksaan, rata-rata angka kuman udara sebelum desinfeksi adalah 265 CFU/m3, sesudah desinfeksi adalah 20 CFU/m. Rata-rata efektifitas desinfeksi adalah 92,45%. Rata-rata suhu adalah 23,5 C. Rata-rata kelembaban adalah 50,55. Rata-rata pencahayaan adalah 179,7 Lux. Luas ventilasi di raung perawatan Paviliun Soeparjo Rustam adalah 0,9 m . Volume ruangan adalah 36 m3
Kesimpulan penggunaan desinfeksi efektif dalam menurunkan angka kuman udara. Peneliti menyarankan agar dalam melakukan desinfeksi menggunakaan APD yang lengkap.

Kepustakaan  : 22 (1998-2012)
Kata Kunci    : Rumah sakit, kuman udara, desinfeksi
Klasifikasi      : - 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar