Senin, 11 November 2013

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2013


Abstrak
Qonitati  ( qonita_0705@yahoo.com )
STUDI PENGELOLAAN AIR BERSIH PADA PELAKSANAAN PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT  (PAMSIMAS)  DI DESA SIKASUR KECAMATAN BELIK KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2013
XIV + 73 halaman: gambar, tabel, lampiran

Program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat  ( Pamsimas)  merupakan program yang dibentuk untuk meningkatkan penyediaan air minum dan sanitasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kegiatan penyediaan air bersih, organisasi pengelola, pembiayaan, jenis sarana air bersih, pemenuhan aspek kuantitas, kualitas air bersih, pemeliharaan sarana dan pengorganisasian oleh Program Pamsimas.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, pemeriksaan kualitas dan dokumentasi. Penyajian data dalam bentuk tabel dan narasi.
Hasil penelitian menunjukan kegiatan penyediaan air bersih berupa penyuluhan kesehatan, pemasangan sambungan rumah, pemeriksaan kualitas fisik dan pemeliharaan sarana air bersih serta pertemuan rutin antar pengurus. Organisasi pengelola air bersih BP SPAMS Tirta Guna berjalan cukup baik. Pembiayaan berupa biaya pemakaian air, pemasangan instalasi air bersih dan operasional selama satu tahun sebesar 6,3 juta tercukupi. Jenis sarana air bersih berupa bronkaptering, reservoir, hidran umum, instalasi perpipaan dan meteran air yang kondisinya baik  ( 96% ) . Pemenuhan kuantitas air bagi warga mencapai 384,3 liter/hari. Pemeriksaan kualitas fisik  ( bau dan suhu) , kimia  ( kesadahan ) dan mikrobiologi  ( MPN Coli )  telah memenuhi syarat kesehatan. Pemeliharaan sarana berupa perbaikan kerusakan instalasi perpipaan. Pengorganisasian pengelolaan air bersih berupa pengorganisasian anggota BP SPAMS Tirta Guna, perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan yang berjalan cukup baik, tetapi pertemuan antar pengurus dengan pelanggan air belum dilaksanakan.
Kesimpulan penelitian ini adalah kegiatan penyediaan air bersih , organisasi pengelola dan pembiayaan berjalan dengan baik. Jenis sarana air bersih dan kondisi fisik memenuhi syarat. Pemenuhan kuantitas air telah memenuhi syarat. Kualitas  ( fisik,kimia,mikrobiologi )  air bersih pada jaringan memenuhi syarat Permenkes 416/MENKES/PER/IX/1990. Pemeliharaan sarana berjalan dengan baik. Pengorganisasian pengelolaan air bersih berjalan cukup baik. Saran penulis adalah masyarakat ikut menjaga kebersihan lingkungan dan pengurus BP SPAMS Tirta Guna yang lain lebih diaktifkan kembali.

Daftar bacaan : 14  ( 1983 – 2006)
Kata kunci      : Pengelolaan air bersih program Pamsimas
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar