Senin, 11 November 2013

HIGIENE SANITASI DENGAN KEBERADAAN BAKTERI Coliform PADA MINUMAN ES TEH


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program D III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2013


 Abstrak

Hana Eka Rizky Parwitasari (hanaekarizky@yahoo.co.id)
HUBUNGAN HIGIENE SANITASI DENGAN KEBERADAAN BAKTERI Coliform PADA MINUMAN ES TEH YANG DIJUAL DI KANTIN SMP NEGERI PURWOKERTO TAHUN 2013 
xvi + 83 halaman : gambar, tabel, lampiran 

Kejadian penyakit yang ditularkan melalui makanan cukup besar, hal ini dilihat dari banyaknya kejadian keracunan makanan bahkan di beberapa daerah hingga terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB). Saat ini banyak ditemukan berbagai penjual jenis makanan dan minuman di tempat-tempat umum yang menjual makanan atau minuman dalam kondisi terbuka. Salah satu tempat umum yaitu kantin sekolah. Higiene dan Sanitasi dalam menyediakan minuman merupakan indikator terhadap keberadaan bakteri Coliform pada minuman yang disajikan. 
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran higiene sanitasi dan keberadaan bakteri Coliform pada minuman es teh yang dijual di kantin SMP Negeri Purwokerto. Variabel yang diteliti meliputi sanitasi peralatan, higiene penjamah makanan, sanitasi makanan dan sanitasi tempat pengelolaan makanan. Jenis penelitian ini yaitu observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel penelitian adalah 18 kantin SMP Negeri Purwokerto. 
Hasil penelitian menunjukkan sanitasi peralatan yang memenuhi syarat sebanyak 10 kantin sekolah (55,56 %) dan tidak memenuhi syarat 8 kantin (44,44%). Higiene Penjamah makanan memenuhi syarat 1 kantin (5,6%) dan tidak memenuhi syarat 17 kantin sekolah (94,44 %). Sanitasi makanan memenuhi syarat 1 kantin (5,56%) dan  tidak memenuhi syarat 17 kantin sekolah (94,44 %). Sanitasi tempat pengelolaan makanan memenuhi syarat adalah 7 kantin (38,89%) dan tidak memenuhi syarat 11 kantin sekolah (61,11%). Keseluruhan sampel es teh yang diperiksa dikategorikan tidak memenuhi syarat karena melebihi batas cemaran Coliform 
Kesimpulan dari penelitian di kantin SMP Negeri Purwokerto, higiene penjamah makanan, sanitasi makanan dan tempat pengelolaan makanan belum memenuhi syarat.Disarankan bagi pihak sekolah perlu dilakukan penyuluhan/pelatihan tentang higiene sanitasi makanan kepada pihak kantin agar mengelola minuman yang sesuai standar kesehatan dan diharapkan Dinas Kesehatan melakukan pengawasan kepada penjual dan makanan , minuman jajanan yang dijual di kantin sekolah, khususnya pada kantin sekolah menengah pertama (SMP Negeri Purwokerto).

Daftar Pustaka : 29 (1989-2013)
Kata Kunci      : Kantin Sekolah, Higiene, Sanitasi, Bakteri Coliform
Klasifikasi        :- 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar