Senin, 11 November 2013

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2013

Abstrak
Nirma Septyani (nirma.septyani@yahoo.com)
STUDI SANITASI RUMAH KOS DAN PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT (PHBS) PENGHUNI KOS DI KELURAHAN GRENDENG KEC. PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2013
xvi+59 halaman : Lampiran, tabel, gambar  

Rumah kos adalah suatu rumah/kamar yang disewakan oleh pemiliknya, agar tidak terjadi penularan penyakit dan menurunnya kualitas lingkungan maka diperlukan sanitasi di rumah kos. Sedangkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) penghuni kos harus baik agar penghuni kos sehat.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sanitasi rumah kos dan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) penghuni kos di Kelurahan Grendeng Kec. Purwokerto Utara. 
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan cara observasi, pengukuran dan wawancara. Subyek penelitian ini adalah rumah kos di Kelurahan Grendeng Kec. Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas dengan sampel sebanyak 32 rumah kos beserta penghuninya 225 orang. 
Hasil penelitian secara umum kondisi sanitasi rumah kos di Kelurahan Grendeng Kec. Purwokerto Utara termasuk dalam kategori memenuhi syarat yaitu dengan nilai rata-rata 92,95%, Sedangkan untuk penilaian Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) penghuni kos termasuk dalam kategori memenuhi syarat yaitu dengan hasil nilai rata-rata 98,22%. 
Simpulan penelitian adalah secara umum kondisi sanitasi rumah kos dan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) penghuni kos memenuhi syarat, namun ada beberapa aspek yang belum sesuai dengan standar kesehatan yaitu ventilasi yang 100% belum memenuhi syarat serta beberapa penghuni kos yang belum berperilaku hidup bersih sehat. Disarankan untuk pemilik kos memasang exhouster pada kamar kos agar sirkulasi udara lancar, memasang genteng kaca agar cahaya dapat masuk, mengganti tempat sampah dengan yang berpenutup dan kedap air, serta penyuluhan tentang pentingnya Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) penghuni kos oleh dinas terkait. 

Daftar Bacaan : 18 (1999-2013)
Kata Kunci      : Sanitasi, rumah kos, perilaku hidup bersih sehat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar