Selasa, 12 November 2013

KUALITAS UDARA DITEMPAT PEMBAKARAN BATU KAPUR DIDESA KARANGDAWA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politekenik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, 8 Juli 2013

Abstrak
Azizah rosmawati (Azizahrosmawatirosma@yahoo.co.id)
STUDI DESKRIPTIF KUALITAS UDARA DITEMPAT PEMBAKARAN BATU KAPUR DIDESA KARANGDAWA KECAMATAN MARGASARI KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013.
xv +  74 , Tabel, Gambar, Lampiran 

Bahan, alat , proses produksi dan lingkungan kerja berpotensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan dan keselamatan kerja. Mengukur Kadar debu, Suhu, Kelembaban, Kecepatan angin merupakan hal yang harus diperhatikan bagi pekerja dan lingkungan kerja sekitar untuk mengetahui kualitas lingkungan kerja, sumber bahaya, pengendalian risiko  dan meminimalisir kecelakaan kerja.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Kadar debu, Suhu, Kelembaban, Kecepatan angin ditempat pembakaran batu kapur didesa Karangdawa Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. 
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder tahun 2012.Subyek penelitian ini adalah kualitas lingkungan kerja, identifikasi bahaya, pengendalian risiko kecelakaan kerja dipembakaran batu kapur Desa Karangdawa Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengumpulan, dan  dokumentasi. Data disajikan dalam bentuk table, gambar dan lampiran.
Hasil pemeriksaan di Sembilan titik meliputi, Kadar debu terendah 133,3333 mg/m, tertinggi 186,6667 mg/m , rata-rata 155,0740 mg/m, persyaratan baku mutu partikel debu 150 mg/m3. Suhu terendah 30,9 ˚C tertinggi 32,9 ˚C, persyaratan Suhu 18 ˚C-28˚C, Kelembaban terendah 65%, tertinggi 77%, persyaratan Kelembaban 40%-60%, Kecepatan angin terendah 1,2 tertinggi 2,9, arah angin kebarat.  Kesimpulan dari Pemeriksaan Kadar debu, Suhu, Kelembaban, Kecepatan angin melebihi dari persayaratan yang ditentukan. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini pekerja menggunakan APD, pemilik mendeskripsikan penyebaran debu,petugas kesehatan mengadakan penyuluhan.

Daftar Bacaan  : 20  (1982 – 2012)
Kata Kunci      : Udara, DEbu, Kesehatan Lingkungan
Klasifikasi       : - 
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar