Senin, 11 November 2013

Kementerian Kesehatan Republik Indonesai
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan
Program Studi D III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah,     Agustus 2013

ABSTRAK 
Priyo Wardhanu (persisamsamarinda986@yahoo.co.id) 
STUDI HYGIENE DAGING AYAM YANG DIJUAL PEDAGANG DI PASAR WAGE PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2013
XII + 97 halaman: gambar,tabel,lampiran 

Daging ayam merupakan salah satu bahan makanan yang dalam pencampurannya sering ditemukan bahan kimia berbahaya salah satu contohnya bahan kimia berbahaya adalah formalin.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya kandungan formalin pada daging ayam yang dijual pedagang di Pasar Wage Purwokerto Kabupaten Banyumas tahun 2013.
Metode penelitian ini adalah deskriptif, yaitu untuk mengetahui hygiene daging ayam, personal hygiene pedagang dan kandungan formalin yang terdapat pada daging ayam yang dijual oleh pedagang di Pasar Wage Purwokerto Kabupaten Banyumas tahun 2013.
Hasil pemeriksaan pada 10 sampel hygiene daging ayam yang dijual pedagang seluruhnya mempunyai kriteria baik, personal hygiene pedagangnya mempunyai kriteria cukup baik dan kandungan formalin pada 10 sampel daging ayam yang diperiksa memiliki hasil negatif (tidak terdapat formalin).
Simpulan dalam penelitian adalah hygiene daging ayam yang dijual pedagang di Pasar Wage termasuk dalam kategori baik, personal hygiene pedagangnya termasuk dalam kategori cukup baik, dan keseluruhan daging ayam yang diperiksa 100% bebas dan aman dari bahan kimia berbahaya (formalin). Disarankan agar seluruh pedagang tetap menjaga kebersihan dan mempertahankan kualitas daging ayam tersebut sehingga tetap terjamin kebersihan dan kesehatannya.   

Daftar Bacaan  : 12 (1993-2013)
Kata Kunci      :  Hygiene, Personal Hygiene, Formalin
Klarifikasi        :  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar