Senin, 11 November 2013

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2013


Abstrak
Nurika Siti Istikomah (ika15_cluster@yahoo.com)
Studi Pelaksanaan HACCP Minuman Ringan Coca-Cola di PT. Coca-Cola Bottling Indonesia-Semarang Plant Tahun 2013
XVI + 146 halaman : gambar, tabel, lampiran

Seiring persaingan antar industri yang berkembang  masyarakat menginginkan pangan tidak hanya enak dan bergizi, namun juga aman dikonsumsi dari segi fisik, kimia, dan biologi. Sistem pengendalian dan pengawasan mutu serta keamanan pangan disebut Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP). Saat ini PT. Coca-Cola telah melaksanakan HACCP terhadap semua produknya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan HACCP pada minuman ringan Coca-Cola.
Metode yang digunakan adalah deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi tempat penelitian, wawancara dengan yang bertanggungjawab terhadap produksi, dan review dokumen pemeriksaan laboratorium Quality Assurance perusahaan.

Pelaksanaan HACCP dimulai dari pembuatan diagram alir proses produksi minuman ringan Coca-Cola. Kemudian menganalisis bahaya potensial setiap tahap untuk mendapatkan Titik Kendali Kritis (CCP). Titik Kendali Kritis (CCP) ditetapkan pada tahap Post Inspection dan Filling. Batas kritis pada Post Inspection di tetapkan dengan produk bebas dari kontamainan mikrobiologi akibat chipped finish sedangkan pada filling adalah produk bebas dari glass fragment. Tindakan perbaikan dilakukan dengan menganalisis adanya produk chipped finish yang lolos, verifikasi fungsi EBI, dan menganalisis glass  fragment. Pencatatan pelaksanaan HACCP terdapat pada Food Safety Manual – Semarang Plant yang disusun oleh Tim Food Safety.

Pelaksanaan HACCP di PT. CCBI-Jawa Tengah khususnya produk CocaCola sudah berdasarkan peraturan The Coca-Cola Company dan sesuai dengan SNI tentang HACCP tahun 1998. Diperlukan peninjauan kembali terhadap pelaksanaan HACCP agar tidak ada tahap yang terlewati untuk menjadi CCP.

Daftar bacaan : 25 (1981 – 2012)
Kata kunci      : HACCP, Coca-Cola
Klasifikasi       : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar