Selasa, 12 November 2013

PERKIRAAN UMUR NYAMUK Anopheles Spp YANG DIDUGA SEBAGAI VEKTOR DI TUJUH DESA ENDEMIS MALARIA KABUPATEN BANYUMAS

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2013

Abstrak  

Ika Ayuningtyas (ika040193@yahoo.co.id)
DESKRIPSI PERKIRAAN UMUR NYAMUK Anopheles Spp YANG DIDUGA
SEBAGAI VEKTOR DI TUJUH DESA ENDEMIS MALARIA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2012
xvii + 82 halaman : gambar, tabel, lampiran 

Malaria merupakan salah satu masalah kesehatan yang menyebabkan kematian. Panjang umur nyamuk merupakan faktor penting untuk memperkirakan penularan. Cara memperkiraan umur nyamuk dengan melihat kondisi ovarium nyamuk. Penelitian ini dilaksanakan di tujuh desa endemis malaria di Kabupaten Banyumas yaitu Desa Karangsalam, Karanggintung, Ketanda, Bogangin, Selanegara, Banjarpanepen dan Watuagung dengan tujuan untuk mengetahui gambaran umur hidup nyamuk Anopheles Spp di tujuh desa endemis malaria, mendeskripsikan delatasi, parity rate, peluang hidup dan perkiraan umur nyamuk Anopheles Spp.
Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan menggambarkan umur hidup nyamuk Anopheles Spp. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Puskesmas dan BPS Kabupaten Banyumas.
Hasil penelitian menunjukkan perkiraan umur nyamuk Anophles Spp di tujuh desa endemis malaria yaitu Desa Karangsalam, Ketanda, Selanegara, Banjarpanepen, dan Watuagung tidak diketahui. Di Desa Karanggintung perkiraan umur nyamuk An. balabacensis yaitu 4,24 hari, sedangkan di Desa Bogangin perkiraan umur nyamuk An. vagus yaitu 2,16 hari.
Kesimpulan dari hasil penelitian adalah gambaran umur hidup nyamuk Anopheles Spp di tujuh desa endemis malaria yaitu secara keseluruhan diperoleh perkiraan umur nyamuk tertinggi mencapai 4,24 hari yaitu pada nyamuk An. balabacensis. Jadi nyamuk An. balabacensis mempunyai kemampuan hidup di alam lebih panjang dibandingkan dengan nyamuk Anopheles Spp lainnya yang ditemukan. Dari hasil tersebut diharapkan bagi pemerintah agar meningkatkan perhatian terhadap kasus malaria terutama di daerah endemis malaria. 

Daftar bacaan : 24 (1985-2012)
Kata kunci      : Nyamuk Anopheles Spp
Klasifikasi       : -

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar