Senin, 11 November 2013

HUBUNGAN ANTARA SIKAP KERJA BERDIRI DENGAN KELELAHAN SUBYEKTIF PADA PEKERJA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2013

Abstrak

Kuswandani  ( danykamalludin@yahoo.com )
HUBUNGAN ANTARA SIKAP KERJA BERDIRI DENGAN KELELAHAN SUBYEKTIF PADA PEKERJA BAGIAN REPAIR PT. WANA MAKMUR SEJAHTERA PURBALINGGA TAHUN 2013
xvi + 101 halaman : gambar, tabel, lampiran

Sikap kerja adalah tindakan yang akan diambil pekerja dan menghasilkan sesuatu sebanding dengan usahanya. Memaksakan pekerjaan selalu berada pada sikap dan posisi kerja tidak sesuai dengan gerak alamiah dan berlangsung dalam jangka waktu lama dapat membuat pekerja cepat lelah, membuat banyak kesalahan dan cacat tubuh.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara sikap kerja berdiri dengan kelelahan subyektif pada pekerja bagian repair.
Hasil penelitian menunjukan sebanyak 38,59% pekerja melakukan pekerjaan dengan sikap kerja berdiri dengan tidak ergonomis dan 61,40% pekerja melakukan pekerjaan dengan  sikap kerja berdiri cukup ergonomis. Sedangkan sebanyak 24,56% pekerja mengalami kelelahan subyektif sangat ringan, 59,64% pekerja mengalami kelelahan subyektif ringan dan 15,78% pekerja mengalami kelelahan subyektif berat
Kesimpulan uji statistik hubungan antara sikap kerja berdiri dengan kelelahan subyektif diperoleh nilai p = 0,655 lebih besar dari α = 0,05 dinyatakan bahwa tidak ada hubungan antara sikap kerja berdiri dengan kelelahan subyektif. Saran yang diberikan kepada pemilik industri yaitu melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala kepada pekerja guna mengurangi risiko kecelakaan kerja pada pekerja, mengadakan penyuluhan mengenai pentingnya penerapan ergonomi sikap kerja dan keselamatan kesehatan kerja khususnya mengenai kelelahan subyektif.

Daftar bacaan : 14  ( 1996-2012)
Kata kunci      : Sikap kerja berdiri, Kelelahan subyektif
Klasifikasi       :-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar