Senin, 11 November 2013

HUBUNGAN PENGETAHUAN, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN SARANA JAMBAN DENGAN PRAKTEK BUANG AIR BESAR (BAB)


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah,8 July 2013

 Abstrak

Eko Prihantono (akatsuky_gank@yahoo.co.id)
STUDI HUBUNGAN PENGETAHUAN, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN SARANA JAMBAN DENGAN PRAKTEK BUANG AIR BESAR (BAB) DI DESA KALILANDAK KECAMATAN KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2013
 xiii + 76 halaman : gambar, tabel, lampiran 

Pembangunan kesehatan Indonesia Sehat 2015 adalah meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Desa Kalilandak merupakan salah satu dari lima desa di wilayah puskesmas Klampok, yang sebagian warganya masih BAB sembarangan.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara pengetahuan, tingkat pendidikan, dan sarana pembuangan tinja dengan praktek buang air besar (BAB) di Desa Kalilandak Kecamatan Klampok Kabupaten Banjarnegara.
Metode penelitian yang digunakan adalah analitik menggunakan Korelasi Spearman. Data yang digunakan adalah data primer. Subyek penelitian adalah masyarakat den sarana jamban di Desa Kalilandak Kecamatan Klampok Kabupaten Banjarnegara. pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dan observasi. Data disajikan dalam bentuk tabel, gambar, diagram dan narasi.
Hasil penelitian mendapatkan nilai signifikansi untuk pengetahuan, tingkat pendidikan, dan sarana jamban yang dihubungkan dengan praktek BAB
Peneliti menyimpulkan adanya hubungan antara pengetahuan, tingkat pendidikan, dan sarana jamban dengan praktek BAB di Desa Kalilandak Kecamatan Klampok Kabupaten Banjarnegara. Dengan sarana jamban adalah variabel yang paling mempengaruhi praktek BAB. Peneliti menyarankan agar mengupayakan tindakan perbaikan dalam hal sanitasi khususnya pada praktek buang air besar (BAB), dan meningkatkan penyuluhan tenang BAB yang baik.

Daftar bacaan : 1991-2013 (16)
Kata kunci       : pengetahuan, tingkat pendidikan, sarana jamban, praktek BAB
Klasifikasi       : -   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar