Selasa, 12 November 2013

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politekenik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, 03 Juli 2013

Abstrak
Supri Adiyono  ( adionosuprie@yahoo.com )
STUDI DESKRIPTIF SANITASI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ‘ULUM DESA WONOYOSO KECAMATAN BUMIREJO KABUPATEN KEBUMEN
xv + 61 halaman, tabel, gambar, lampiran

Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Agama Islam, yang dalam kegiatannya mengembangkan fungsi peningkatan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT, pengembangan keilmuan yang manfaat, dan pengabdian terhadap agama islam, masyarakat, dan negara. Berdasarkan survey yang peneliti lakukan di Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum ditemukan aspek sanitasi lingkungan yang belum memenuhi syarat, Tujuan penelitian di Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum untuk mengetahui lebih lanjut keadaan sanitasi di lingkungan pondok pesantren. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan melakukan pengamatan, pengukuran dan wawancara. Hasil dimasukan dalam bentuk narasi dan tabel, kemudian di analisis dan dibandingkan dengan peraturan yang ada.
Hasil penelitian Sanitasi Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum termasuk dalam kategori cukup dengan presentase 73%. Kondisi lingkungan dan bangunan terawat, dilengkapi pagar, tidak memungkinkan sebagai tempat bersarangnya serangga atau tikus. Kamar atau ruang bersih, dinding berwarna terang, kepadatan hunian 2,02 m2 per orang, pencahayaan siang 63 lux dan malam 9,66 lux, kelembaban 91,23%, suhu 28,6oC, penghawaan 3,36%. Kandungan coliform air bersih 210 MPN/100 ml. Perilaku Hidup Bersih Sehat Pengasuh sudah baik dengan presentase 82%, Perilaku Hidup Bersih Sehat Santri berjumlah 14 orang sudah cukup baik dengan presentase 70% dan 6 orang kurang baik dengan presentase 30%.
Kesimpulan Sanitasi Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum termasuk dalam kategori cukup baik, tetapi masih ada beberapa komponen yang belum memenuhi syarat yaitu kepadatan penghuni, pencahayaan malam, pembuangan air limbah, sarana air bersih. Adapun saran, yaitu penambahan kamar, penambahan penerangan, pemberian klor pada air bersih.

Daftar bacaan : 17  ( 1981-2012)
Kata kunci      : Sanitasi Pondok Pesantren
Klasifikasi      : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar