Selasa, 12 November 2013

SANITASI MAKANAN DI RUMAH MAKAN SOTO LAMA SOKARAJA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, July 2013

Abstrak
Adhitya Septiyaningrum  ( Dhi_mini@yahoo.com )
STUDI HYGIENE SANITASI MAKANAN DI RUMAH MAKAN SOTO LAMA SOKARAJA  KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2013
XV + 63 halaman : gambar , tabel, lampiran

Makanan memiliki peranan yang sangat penting dalam kesehatan masyarakat. Makanan yang menarik,nikmat dan tinggi gizi tidak akan menjadi tidak berarti jika tidak aman untuk dikonsumsi.Keamanan makanan merupakan kebutuhan masyarakat, karena makanan yang aman akan melindungi dan mencegah terjadinya penyakit atau gangguan kesehatan lainnya. Keamanan makanan pada dasarnya adalah upaya hygiene sanitasi makanan, gizi dan safety. Keadaan sanitasi pengelolaan makanan yang memenuhi syarat, baik dari tempat, penjamah, peralatan dan enam prinsip hygiene sanitasi makanan di tujukan untuk mencapai tersedianya makanan yang sehat bagi masyarakat.
Tujuan penelitian adalah mengetahui penerapan hygiene sanitasi makanan di rumah makan soto lama sokaraja. Metode penelitian deskriptif dengan maksud untuk menggambarkan keadaan sanitasi pengelolaan makanan di rumah makan soto lama Sokaraja Kabupaten Banyumas tahun 2013. Dengan cara pengambilan data menggunakan ceklist, kuesioner dan hasil laboratorium.
Hasil penelitian inspeksi sanitasi ke lima rumah makan soto lama sokaraja, sanitasi keseluruhan yang didapat dari penilaian tempat pengelolaan makanan, penjamah, fasilitas  ( sanitasi, ruang makan, dapur dan gudang bahan makanan ) , enam prinsip hygiene sanitasi makan, dan peralatan diperoleh hasil Nw 86,8%, S.A rumah makan  ( 1 )  86%, Sk 81,8%, S.A rumah makan  ( 2 )  89,1% dan M 70,04 %. Kesimpulan bahwa hygiene sanitasi makanan pada lima rumah makan soto lama sokaraja memenuhi syarat dan menyarankan untuk penyediaan tempat cuci tangan yang memenuhi syarat pada tempat penyajian dan bagi para penjamah diadakan pelatihan tentang penyehatan makanan terutama penjamah mencuci tangan sebelum dan sesudah bekerja dan tidak memakai cincin pada saat pengolahan demi menghindari pencemaran bakteri pada makanan.

Daftar bacaan : 18  ( 1992-2012 )
Kata kunci      : Hygiene sanitasi makanan
Klasifikasi      :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar