Selasa, 12 November 2013

KONTAMINASI E.coli PADA PERALATAN MAKAN YANG DIGUNAKAN OLEH PEDAGANG KAKI LIMA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2013

Abstrak

Pulung Kusumajati  ( phunapepy@yahoo.co.id )
STUDI KONTAMINASI E.coli PADA PERALATAN MAKAN YANG DIGUNAKAN OLEH PEDAGANG KAKI LIMA DI ALUN  ALUN BANJARNEGARA TAHUN 2013

Kebersihan peralatan makan yang kurang baik sangat mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan penyebaran kuman penyakit dan keracunan. Untuk itu peralatan makanan haruslah dijaga terus kebersihannya, supaya terhindar dari kontaminasi kuman patogen salah satunya yaitu E.coli serta zat pencemar lainnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberadaan E.coli pada peralatan makan yang digunakan oleh pedagang kaki lima di alun  alun Bankarnegara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan analisa laboratorium untuk mengetahui angka kuman E.coli pada peralatan makan yang digunakan oleh pedagang kaki lima di alun  alun Banjarnegara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pemeriksaan laboratorium usapan peralatan makan yang digunakan oleh pedagang kaki lima di alun  alun Banjarnegara belum memenuhi syarat kesehatan sesuai dengan Permenkes RI No. 1096/Menkes/PER/2011 adalah bahwa syarat peralatan makan tidak mengandung E.coli. Pada 11 sampel peralatan makan yang digunakan oleh pedagang makanan dan minuman semuanya mengandung kuman E.coli  ( Positif ). Berdasarkan hasil tersebut diharapkan pada para pedagang makanan untuk lebih menjaga kebersihan hygiene sanitasi makanan terutama pada proses pencucian peralatan makan sehingga sangat kecil kemungkinan terjadinya kontaminasi pada makanan.

Daftar bacaan : 26  ( 1989  2013 )
Kata kunci      : E.coli, peralatan makan
Klasifikasi       :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar