Senin, 11 November 2013

INTENSITAS SUARA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2013

Abstrak

Kusnul Khotimah  ( nunu_45tok@yahoo.com )
STUDI DESKRIPTIF INTENSITAS SUARA PADA UNIT RAW MILL DI PT. HOLCIM INDONESIA TBK CILACAP PLANT CILACAP TAHUN 2013
xvii+  85 Halaman : gambar, tabel, lampiran

Menurut teori H.L Blum, salah satu parameter kualitas lingkungan yang perlu diawasi adalah kebisingan. Unit Raw Mill PT. Holcim Indonesia tbk Cilacap Plant merupakan salah satu unit dalam proses pembuatan semen yang menggunakan mesin yang menghasilkan suara yang intensitas suaranya mencapai 80-90 dB. Tujuan penelitian mengetahui inetensitas suara pada unit Raw Mill di PT. Holcim Indonesia tbk Cilacap Plant tahun 2013. Metode penelitian ini yaitu observasi dengan menganalisis secara deskriptif yaitu menggambarkan tentang kondisi yang sesungguhnya sesuai data yang diperoleh dalam pengukuran intensitas suara pada Unit Raw Mill di PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant dan menggunakan pendekatan crossectional.
Hasil pengukuran rata-rata intensitas suara pada Unit Raw Mill di PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant adalah 94,24 dB. Upaya pengendalian kebisingan yang dilakukan adalah secara teknis, administrasi, dan pemakaian alat pelindung telinga. Lama paparan pekerja rata-rata tidak lebih dari 8 jam dengan sumber bising. APD yang digunakan pekerja seperti earplug, masker, safety shoes, sarung tangan, google, dan helmet. Keluhan yang dirasakan pada pekerja adalah sulit berkomunikasi 100%, kurang konsentrasi 60%, telinga berdengung 90% dan gangguan tidur sebesar 40%. Dan keluhan yang tidak dirasakan adalah gangguan pendengaran atau tuli.
Kesimpulan intensitas suara pada unit Raw Mill tergolong tinggi dan melebihi NAB kebisingan untuk waktu kerja selama 8 jam. Upaya pengendalian kebisingan yang dilakukan perlu ditambah seperti pengcoveran mesin yang menjadi sumber bising agar kesehatan dan keselamatan pekerja terjamin dan dapat meminimalisir risiko bahaya yang dapat terjadi pada diri pekerja.

Daftar bacaan : 22  ( 2002 - 2012 )
Kata kunci      : Intensitas suara, upaya pengendalian kebisingan, lama paparan, APD, keluhan pekerja
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar