Senin, 11 November 2013

PEMERIKSAAN JUMLAH ANGKA KUMAN PADA ES DAWET IRENG DI SEPANJANG JALAN RAYA KUTOWINANGUN

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program D III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2013


Abstrak

Hesthi Hapsari
STUDI PEMERIKSAAN JUMLAH ANGKA KUMAN PADA ES DAWET IRENG DI SEPANJANG JALAN RAYA KUTOWINANGUN KECAMATAN KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2013
xvi + 54 halaman : gambar, tabel, lampiran  

Es dawet ireng banyak dijual di sepanjang jalan raya Kutowinangun, Kabupaten Kebumen. Jalan raya Kutowinangun merupakan jalan yang banyak dilewati oleh alat transportasi dan jalur utama menuju Purworejo, Magelang, Semarang, Yogyakarta, Solo dan daerah sekitarnya. Es dawet ireng merupakan salah satu minuman dengan bahan baku air, sehingga sangat rawan terkontaminasi oleh mikroorganisme.
Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui jumlah angka kuman pada es dawet ireng yang dijual oleh 10 penjual es dawet ireng di sepanjang jalan raya Kutowinangun.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan melakukan pemeriksaan di laboratorium untuk mengetahui angka kuman yang terdapat pada es dawet ireng yang dijual di sepanjang jalan raya Kutowinangun, Kecamatan Kutowinangun, Kabupaten Kebumen. Cara pengumpulan data dengan pemeriksaan di Laboratorium, observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara bakteriologis 10 (sepuluh) sampel es dawet ireng yang diperiksa tidak ada yang memenuhi standart cemaran kandungan kuman pada makanan dan minuman menurut Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan RI No. HK.00.06.1.52.4011 tanggal 28 Oktober 2009 tentang penetapan batas maksimum cemaran mikroba dan kimia dalam makanan dengan metode ALT adalah 1 x 104 Koloni/gram. Simpulan dari jumlah angka kuman pada es dawet ireng yang dijual di sepanjang jalan raya Kutowinangun, Kecamatan Kutowinangun, Kabupaten Kebumen yang dihitung dari 10 (sepuluh) sampel hasilnya tidak memenuhi syarat semua. Jumlah angka kuman pada sampel tersebut melebihi standart peraturan yang telah ditetapkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan RI yaitu sebanyak 1x104 koloni/gram.
Saran bahwa penjual es dawet ireng harus memperhatikan hygiene sanitasi makanan dan kebersihan lingkungan, khususnya selalu menjaga kebersihan tempat penjualan, menjaga kebersihan peralatan yang digunakan dalam penjualan es dawet ireng dan menyediakan tempat sampah. 

Daftar bacaan  : 17 (1978-2012)
Kata kunci       : Angka Lempeng Total
Klasifikasi        : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar