Senin, 11 November 2013

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan
Program Studi D-III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Agustus 2013
Abstrak 

Chely Ogri Fitrya (Chelyogrifitrya@rocketmail.com)
STUDI PENERAPAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI PT. DHARMAPALA USAHA SUKSES CILACAP TAHUN 2013
 XII + 89 halaman : gambar, tabel, lampiran

Salah satu pengendalian bahaya di tempat kerja adalah penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) yang menjadi suatu keharusan untuk melengkapi tenaga kerja. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang No.1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, khususnya pasal 9,12 dan 14 yang mengatur penyediaan dan penggunaan APD di tempat kerja, baik pengusaha maupun tenaga kerja. APD merupakan peralatan keselamatan yang harus digunakan oleh tenaga kerja apabila berada dalam lingkungan kerja yang berbahaya.
Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana penggunaan APD pada pekerja bagian produksi PT. Dharmapala Usaha Sukses Cilacap Tahun 2013.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif.  Subyek penelitian ini adalah pekerja bagian produksi PT. Dharmapala Usaha Sukses Cilacap berjumlah 108 orang. Penelitian ini dengan melakukan observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan jenis bahaya dan resiko kecelakaan kerja adalah terpeleset, tergelincir, kejatuhan benda tajam, terkena cairan gula panas, terjepit, kebisingan dan terpapar debu. Jenis APD yang digunakan adalah helm, sepatu kerja, masker, sarung tangan dan ear plug. Kondisi APD yang digunakan adalah 100% dalam keadaan baik.Jenis dan kesesuaian 100% sesuai dan pengawasan penggunaan APD dilakukan setiap hari oleh mandor.
Kesimpulan penelitian adalah adanya pengawasan penggunaan APD setiap hari dan jenis ADP yang digunakan pekerja adalah helm, sepatu kerja, masker, sarung tangan dan ear plug. Disarankan sebaiknya perusahaan di ruangan poduksi yang beresiko kecelakaan kerja memasang plakat-plakat berisi tentang resiko kecelakaan kerja karena tidak menggunakan APD.

Daftar bacaan : 15 (1981 – 2012)
Kata Kunci     : Bahaya, resiko kecelakaan kerja dan penggunaan APD (Alat Pelindung Diri)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar