Senin, 11 November 2013

 
Kementerian Kesehatan Republik Indones
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semaran
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwoker
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkunga
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2013

Abstrak  
Mustari Retnawati (mustari_retnawati@yahoo.com)
Hubungan Paparan Debu Dengan Kapasitas Paru Pekerja Bagian Raw Mil Di PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant Tahun 2013
XVI + 73 halaman: gambar, tabel, lampiran 

Kualitas lingkungan yang sehat merupakan hal penting dalam usahdibidang kesehatan. Pertumbuhan sektor industri yang semakin pesat berdampapada pencemaran udara yang dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat sekitaPT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant merupakan salah satu perusahaan penghassemen yang dalam proses produksinya menghasilkan debu yang berpotenmengakibatkan pekerja terpapar debu yang bisa menimbulkan masalah salurapernafasan terutama paru-paru. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungapaparan debu dengan kapasitas paru pekerja bagian Raw Mill di PT. HolciIndonesia Tbk Cilacap Plant.
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasi analitik dengan pendekatan cross sectional, Tujuan menganalisis hubungan paparan debdengan kapasitas paru pekerja bagian Raw Mill di PT. Holcim Indonesia Tbk CilacaPlant pada saat dilakukan pengukuran.
Hasil pengukuran kadar debu pada pekerja bagian Raw Mmenunjukkan bahwa terdapat 40% kadar debu yang diatas NAB dengan kadar debtertinggi sebesar 3,33 mg/m dan 60% kadar debu yang dibawah NAB dengan kadadebu terendah sebesar 2,22 mg/m.
Hasil pengukuran FEV1 menunjukkan bahwterdapat 60% responden dengan kriteria normal dan 40% dengan kriteria obstrukringan. Sedangkan hasil pengukuran FVC menunjukkan bahwa terdapat 20%responden dengan kriteria normal dan 80% dengan kriteria restriktif ringan.
Hasil uji statistik menunjukan tidak ada hubungan yang signifikan antarpaparan debu dengan kapasitas paru baik FEV1 maupun FVC pada pekerja bagiaRaw Mill di PT.Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant yang disebabkan oleh faktoresponden, faktor lingkungan, faktor perilaku dan faktor-faktor lain. Untu Departement OHS perlu pengawasan yang lebih ketat mengenai pemakain masketerhadap pekerja yang bekerja diarea berdebu. 

Daftar bacaan : 24 (1982 – 2012)
Kata kunci      : paparan debu, kapasitas paru
Klasifikasi       :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar