Selasa, 23 September 2014

PENGELOLAAN LIMBAH CAIR PADA USAHA LAUNDRY

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2014

Abstrak
Tofik Mujahidin (tofikmoe@gmail.com)
PENGELOLAAN LIMBAH CAIR PADA USAHA LAUNDRY DI KELURAHAN GRENDENG KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2014 
XV + 103 halaman : gambar, tabel, lampiran   

Kelurahan Grendeng Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas merupakan pemukiman padat rumah penduduk, sebagian saluran air kotor kurang baik dan terdapat sungai kecil yang dimanfaatkan warga untuk pembuangan limbah rumah tangga. Perkembangan industri laundry di Kelurahan Grendeng semakin pesat karena dukungan kondisi sosial dan pendidikan yang baik. Sebagian besar industri laundry yang ada di wilayah tersebut tidak memiliki sistem dan tenaga pengolah limbah sehingga beresiko terhadap pencemaran lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan limbah cair usaha laundry di Kelurahan Grendeng.        
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Jumlah usaha laundry yang diteliti yaitu 39 usaha. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara dan pemeriksaan laboratorium.        Hasil penelitian menunjukan bahwa semua responden usaha laundry tidak memiliki sarana pengolah limbah. Limbah cair yang dihasillkan dari responden usaha laundry tidak ada yang diolah. Pemeriksaan 6 sampel limbah cair menghasilkan suhu dan pH memenuhi syarat, kadar BOD dan COD tidak memenuhi syarat dan kadar fosfat untuk 2 sampel tidak memenuhi syarat sesuai dengan keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup KEP-51/MENLH/10/1995.       Pengelolaan limbah cair pada usaha laundry di Kelurahan Grendeng belum dilakukan dengan baik sehingga beresiko terhadap pencemaran lingkungan. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya pengusaha laundry mengolah dan membuang air limbah dengan kondisi sarana yang baik. 
Daftar Bacaan : 21 (2002-2014)
Kata Kunci      : laundry, limbah cair
Klasifikasi       : -
Fulltext

1 komentar: