Selasa, 02 September 2014

EKSPLORASI SPESIES LARVA NYAMUK DI SELOKAN PERUMAHAN

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia  
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2014

Abstrak 
Ginanjar Rahmadhani Putri (grahmadhaniputri@yahoo.com)
EKSPLORASI SPESIES LARVA NYAMUK DI SELOKAN PERUMAHAN TELUK KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS (Studi Kasus Perumahan Teluk) TAHUN 2014 
XV + 72 halaman: gambar, tabel, lampiran

Secara teoritis jika angka bebas jentik (ABJ) tinggi maka kasus demam
berdarah dengue (DHF) rendah, tetapi berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas tahun 2013 di Kelurahan Teluk tidak sesuai yaitu ABJ tinggi dengan kasus tinggi, dugaan pertama yaitu ABJ salah ketika survei atau nyamuk bisa beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Tujuan penelitian ini ingin mengeksplorasi kemampuan adaptasi di selokan dengan cara memasang ovitrap didalamnya.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksploratif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menemukan sesuatu yang baru berdasarkan hasil eksplorasi mendalam pada objek yang teliti. Penelitian ini menggunakan ovitrap tempurung kelapa sebagai perangkap telur yang dipasang pada selokan di Perumahan Teluk. Telur yang terdapat pada ovitrap kemudian di rearing hingga menjadi larva nyamuk dan selanjutnya diidentifikasi spesiesnya. 
Hasil penelitian menunjukan terdapat 3 ovitrap atau 13,08% dari 23 ovitrap yang dipasang dengan telur nyamuk Aedes sp. serta hasil identifikasi menunjukan keseluruhan merupakan larva nyamuk spesies Aedes albopictus. Data ini menunjukan nyamuk Aedes albopictus mempunyai kemampuan adaptasi terhadap lingkungan.
Kesimpulan ditemukan larva nyamuk Aedes albopictus di selokan Perumahan Teluk. Dari hasil tersebut diharapkan masyarakat Perumahan Teluk maupun petugas kesehatan terkait menambahkan program 3M plus  dengan membersihkan selokan, bagi peneliti lain disarankan untuk mengeksplorasi lebih mendalam pada selokan dengan genangan air cukup banyak serta membuktikan dugaan kedua yaitu mengoreksi ABJ.

Daftar bacaan  : 21 (1985-2013)
Kata kunci       : Larva nyamuk Aedes sp.
Klasifikasi       : -
Fulltext
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar