Selasa, 02 September 2014

STUDI FORMALIN PADA TAHU DI PASAR

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Jurusan 
Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program D III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2014

Abstrak
Iin Warsiiti ( iin_warsiti@yahoo.com )
STUDI FORMALIN PADA TAHU DI PASAR TUMENGGUNGAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2014. 
xvi + 62 halaman: gambar, tabel, lampiran 

Tahu merupakan bahan makanan dari olahan kedelai yang memiliki kelemahan yaitu kandungan airnya yang tinggi sehingga mudah rusak atau mudah basi karena mudah ditumbuhi mikroba. Sehingga beberapa produsen menggunakan bahan tambahan makanan (kimia dan alami) untuk mengawetkan atau menambah daya tarik konsumen. Beberapa produsen masih menggunakan bahan tambahan makanan yang berbahaya, seperti formalin. Formalin yang digunakan untuk mengawetkan tahu dapat membahayakan kesehatan manusia. Tujuan penelitian  untuk mengetahui ada tidaknya kadar formalin pada tahu yang dijual di Pasar Tumenggungan Kabupaten Kebumen.
Metode penelitian ini adalah dengan pendekatan deskriptif, yaitu hasil yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar yang ada.  
Hasil diperoleh dengan melakukan pemeriksaan di laboratorium dan pemeriksaan secara fisik untuk mengetahui tahu yang mengandung formalin serta dengan observasi dan wawancara dengan jumlah sampel sebanyak 13 pedagang tahu.  Hasil pemeriksaan kandungan formalin pada tahu bahwa 13 sampel tahu yang diperiksa dinyatakan negatif tidak mengandung formalin. Berdasarkan penelitian secara fisik menunjukan bahwa 13 sampel mempunyai tekstur tidak kenyal, mudah hancur dan mempunyai bau normal, maka hasil pemeriksaan
deskriptif  pada 13 sampel tahu memenuhi persyaratan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 033/Menkes/Per/IX/2012.
Kesimpulan semua sampel ada 13 dinyatakan tidak mengandung formalin. Penelitian ini memastikan bahwa tahu yang dijual di Pasar  Tumenggungan dinyatakan aman dikonsumsi dari segi kandungan formalin. Saran bagi masyarakat lebih berhati-hati dalam memilih bahan makanan terutama tahu dan perlu mengetahui informasi tahu yang berformalin. Pedagang sebaiknya mengikuti kegiatan penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan tentang bahan tambahan makanan dari Dinas Kesehatan dan pemasangan spanduk atau poster di sekitar pasar.

Daftar Baca : 16 (2005-2014)
Kata Kunci  : Formalin - Tahu
Klasifikasi   : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar