Senin, 22 September 2014

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2014

ABSTRAK
Teguh Tri Wibowo  ( teguhtriwibowo717@yahoo.com )
STUDI JUMLAH ANGKA KUMAN UDARA SEBELUM DAN SESUDAH DESINFEKSI DI RUANG INSTALASI BEDAH SENTRAL RSU SINAR KASIH PURWOKERTO TAHUN 2014 
xvii + 91 Halaman : gambar, tabel, lampiran

Pasien bedah merupakan pasien yang mempunyai resiko tinggi terjadi infeksi. Infeksi nosokomial paling umum terjadi adalah infeksi luka operasi  ( ILO ) . Berdasarkan Kepmenkes 1204/MENKES/SK/X/2004 batas maksimum angka kuman udara pada ruang operasi adalah 10 CFU/m
.Data hasil pengukuran rutin setiap 6 bulan sekali yang dilakukan oleh rumah sakit Sinar Kasih Purwokerto menunjukan bahwa angka kuman udara ruang operasi masih belum memenuhi syarat yaitu 190 koloni/cm2 ( >10 CFU/m ) . Ruang operasi perlu pengendalian yang baik yaitu dengan cara desinfeksi ruangan dan menjaga kebersihan ruangan.Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui jumlah angka kuman udara sebelum dan sesudah desinfeksi di ruang instalasi bedah sentral RSU Sinar Kasih Purwokerto.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sampel ruangan yang di ambil dengan teknik purposif sampling yaitu 1 ruangan operasi. Pengumpulan data dengan cara melakukan pemeriksaan dan perhitungan koloni kuman, wawancara dan observasi.
Rata – rata angka kuman udara sebelum dilakukan desinfeksi pada ruang operasi 1 yaitu 377.650 CFU/m3, kemudian sesudah desinfeksi rata – rata angka kuman udara Dari hasil pemeriksaan angka kuman udara yang dilakukan baik 196.350 CFU/m3. Sebelum maupun sesudah desinfeksi ruangan belum memenuhi persyaratan angka kuman udara menurut standar angka kuman udara ruang operasi Kepmenkes 1204/MENKES/SK/X/2004. Saran untuk RSU Sinar Kasih Purwokerto Perlunya pengambilan angka kuman udara secara rutin, penggantian lampu UV yang sudah melebihi waktu pemakaian 3000 jam, memperketat pengawasan kebersihan ruangan.

Daftar Bacaan : 18  ( 2002 – 2014 )
Kata kunci      : Rumah Sakit, Ruang Bedah Sentral, Kuman Udara
Klasifikasi      :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar