Selasa, 02 September 2014

STUDI SARANA SANITASI LEMBAGA PEMASYARAKATAN

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2014

Abstrak  
Nugraha Safrianto (nugrahasafrianto@yahoo.co.id)
STUDI SARANA SANITASI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A KEMBANGKUNING NUSAKAMBANGAN CILACAP TAHUN 2014
XV + 80 page: tables, images, attachments

 Lembaga Pemasyarakatan yang selanjutnya disebut LAPAS adalah
tempat untuk melaksanakan pembinaan narapidana dan anak didik pemasyarakatan. Berdasarkan survei pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti masih ditemukan aspek sarana sanitasi yang belum memenuhi syarat di LAPAS Kelas II A Kembangkuning Nusakambangan Cilacap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sarana sanitasi di LAPAS Kelas II A Kembangkuning Nusakambangan Cilacap.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan melakukan pengamatan, dan wawancara, hasilnya diolah dan disajikan dalam bentuk narasi dan tabel kemudian dianalisis dan dibandingkan dengan persyaratan yang ada.
Hasil penilaian sarana sanitasi LAPAS Kelas II A Kembangkuning Nusakambangan Cilacap sudah memenuhi syarat (presentasi 56 %). Kondisi sarana air bersih sudah memenuhi syarat (presentase 66%). Kondisi sarana pengelolaan air limbah tidak memenuhi syarat (presentase 0%). Kondisi sarana pengelolaan sampah sudah memenuhi syarat (presentase 58%). Kondisi sarana kamar mandi dan jamban sudah memenuhi syarat (presentase 60%). 
Kesimpilan sarana sanitasi LAPAS Kelas IIA Kembangkuning Nusakambangan Cilacap sudah memenuhi syarat (presentasi 56 %). Saran agar pemerintah dalam hal ini  Kementrian Hukum dan HAM khususnya Kepala LAPAS melakukan penanganan untuk memperbaiki  sarana sanitasi LAPAS yaitu jarak lokasi persediaan air bersih dengan sumber pencemaran, pengelolaan limbah, pengelollan sampah, memperbanyak jumlah kamar mandi dan jamban agar sesuai dengan kapasitas. 

Daftar bacaan : 15 (1985-2014)
Kata kunci      : Sarana Sanitasi Lembaga Pemasyarakatan
Klasifikasi      : - 
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar