Selasa, 02 September 2014

STUDI DESKRIPTIF SANITASI BANDARA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
KaryaTulis Ilmiah, Juli 2014

Abstrak
Muyas Aklima (aklimamuyas@yahoo.com )
STUDI DESKRIPTIF SANITASI BANDARA INTERNASIONAL AHMAD YANI SEMARAG TAHUN 2014                                                                  
xv+ 93 halaman : gambar, tabel, lampiran 

Bandara adalah wilayah eksklusif dimana pesawat udara mendarat (landing), dan terbang (take off), melakukan bongkar muat barang, pergerakan penumpang, dan menjadi modatrasformasi. Dari hasil survai pendahuluan yang telah dilakukan masih ditemukan aspek sanitasi yang belum memenuhi syarat di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut keadaan sanitasi di lingkungan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.
Jenis penelitian ini adalah deskriftif dengan melakukan pengamatan, pengukuran, dan wawancara, hasilnya diolah dan disajikan dalam bentuk narasi dan tabel kemudian dianalisis dan di bandingkan dengan persyaratan yang ada.
Hasil penilaian sanitasi Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang masuk dalam kategori baik dengan presentasi 88.49%. Kondisi lingkungan bersih, tidak memungkinkan sebagai tempat bersarang atau berkembang biak vector dan tikus, bangunan utuh terpelihara, lantai terbuat dari keramik, dinding terbuat dari susunan batubata, atap menggunakan genting, langit-langit kuat, dapur tidak dilengkapi perangkap asap/ cerobong asap, ruang tunggu terdapat tempat duduk dengan kapasitas 100 tempat duduk setiap ruang tunggu, tempat parkir terdapat petunjuk arah. Air bersih berasal dari PDAM kota Semarang, pembuangan limbah cair berasal dari kamar mandi dan WC disalurkan keseptictank, tempat sampah tertutup, kamar mandi dan WC bersih, jamban menggunakan leher angsa, setiap 6 bulan sekali penjamah makanan melakukan tes kesehatan, dan kotak PPPK yang berisiobat-obatan ringan belum ada di setiap ruangan.
Kesimpulan sanitasi Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang termasuk dalam kategori baik, namun ada beberapa komponen yang belum memenuhi syarat yaitu dapur, air bersih, pengelolaan limbah cair, dan kotak PPPK. Saran agar PT ANGKASA PURA I khususnya Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang melakukan penanganan untuk memperbaiki fasilitas sanitasi bandara yaitu dapur, air bersih, pengelolaan limbah cair, dan pengadaan kotak PPPK.

Daftar bacaan : 7 (2007-2014)
Kata kunci      : Sanitasi Bandara
Klasifikasi      :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar