Selasa, 23 September 2014

DESKRIPSI INTENSITAS SUARA PADA UNIT RAW MILL PT. HOLCIM INDONESIA Tbk CILACAP PLANT TAHUN 2015

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah Juli 2015 

Abstrak
Bangun Adhi Gunawan (bangungunawan28@gmail.com)
DESKRIPSI INTENSITAS SUARA PADA UNIT RAW MILL PT. HOLCIM INDONESIA Tbk CILACAP PLANT TAHUN 2015 
XVI + 114 halaman : gambar, tabel, lampiran

Menurut teori H.L Blum, salah satu parameter kualitas lingkungan yang perlu diawasi adalah bising. Unit Raw Mill merupakan salah satu unit dalam proses pembuatan semen yang bertujuan untuk menghancurkan dan mencampur bahan baku agar terhomogenisasi dengan cara proses penggilingan menggunakan mesin yang menghasilkan suara yang tidak dikehendaki oleh pekerja PT. Holcim. Menurut hasil wawancara dengan OHS (Occupational Health Safety) PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant,  intensitas suara unit Raw Mill  yaitu berkisar antara 80-90 dB. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui intensitas suara pada Unit Raw Mill PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Plant 2015.
Metode peneltian yang digunakan yaitu dengan menganalisis secara deskriptif, yaitu menggambarkan tentang kondisi yang sesungguhnya sesuai data yang diperoleh dalam pengukuran intensitas suara pada Unit Raw Mill PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap Plant. 
Hasil pengukuran intensitas suara pada Unit Raw Mill adalah titik I 96,49 dB, titik II 93,24 dB, titik III 91,29 dB, titik IV 83,89 dB dan titik V 81,15. Jenis alat pelindung diri yang digunakan pekerja di Unit Raw Mill adalah earplug, helmet, rompi, googles, kacamata, safety glass dan masker. Keluhan yang dirasakan adalah keluhan pekerja yang mengalami tuli adalah 0 %, sulit berkomunikasi 100 %, kurang konsentrasi 70 %, gangguan tidur 40 % dan telinga berdengung 80 %. Hasil tersebut diperoleh dengan cara wawancara dari 10 responden di Unit Raw Mill. Kesimpulan bahwa rata-rata intensitas suara Unit Raw Mill tergolong tinggi dan melebihi NAB kebisingan untuk waktu kerja selama 8 jam. Upaya pengendalian kebisingan yang dilakukan perlu ditambah seperti pengcoveran mesin yang menjadi sumber bising agar kesehatan dan keselamatan kerja terjamin dan dapat meminimalisir resiko bahaya terhadap pekerja.

Daftar bacaan : (1979-2015) 27 bacaan
Kata kunci      : Intensitas suara, upaya pengendalian bising, lama paparan, APD 
                         keluhan pekerja
Klasifikasi      : -
Full Text

Tidak ada komentar:

Posting Komentar