Senin, 01 September 2014

STUDI ANGKA KUMAN PADA KAIN LAP TANGAN WASTAFEL PADA BEBERAPA RUMAH MAKAN

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2014

ABSTRAK
Dini Meilyawati (dmeilyawati@yahoo.com )
STUDI ANGKA KUMAN PADA KAIN LAP TANGAN WASTAFEL PADA BEBERAPA RUMAH MAKAN DI KELURAHAN GRENDENG KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2014 
XV + 71  halaman : gambar, tabel, lampiran 

Kebersihan fasilitas sanitasi seperti kain lap tangan wastafel yang kurang baik, menjadi peranan penyebaran penyakit akibat keberadaan mikroorganisme pathogen, yang mungkin terdapat pada permukaan kain lap tangan wastafel. Kain lap tangan wastafel harus dijaga kebersihannya, terutama dari frekuensi penggunaan dan pergantian kain lap tangan wastafel itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui angka kuman yang terdapat pada permukaan kain lap tangan wastafel di beberapa rumah makan di Kelurahan Grendeng.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis laboratorium dengan metode Angka Lempeng Total ( ALT ) untuk menghitung angka kuman pada permukaan kain lap tangan di wastafel yang terdapat pada beberapa rumah makan di Kelurahan Grendeng.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka kuman pada 6 sampel kain lap tangan wastafel pada sampel kain lap 1 adalah 9,4 X 103 koloni/cm ; lap 2 adalah 1,4 X 104 koloni/cm2 ; lap 3 adalah 1,6X 102 koloni/cm2 ; lap 4 adalah 4,2 X 103koloni/cm koloni/cm22 ; lap 5 adalah 1,6 X 102 koloni/cm2 2 dan lap 6 adalah 7,7 X 10
Kesimpulan menunjukkan bahwa rata  rata angka kuman pada kain lap tangan wastafel adalah 4,8 X 103 koloni/cm2. Disarankan kepada pemilik rumah makan agar menjaga fasilitas sanitasi yaitu kain lap tangan wastafel dan apabila kain lap tangan wastafel secara organoleptik sudah terlihat kotor maka langsung diganti atau dapat juga dengan menggunakan head dryer sehingga dapat mengurangi kuman yang ada di tangan setelah melakukan cuci tangan.

Daftar Bacaan   :   11 (2002-2012)
Kata Kunci        :   Angka Kuman Kain Lap Tangan
Klasifikasi         : 
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar