Senin, 01 September 2014

STUDI SANITASI STASIUN KERETA API

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politekenik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Purwokerto Karya Tulis Ilmiah, Juli 2014

Abstrak
Candra Trisunu Pujiyanto (treesunu@gmail.com)
STUDI SANITASI STASIUN KERETA API KUTOARJO TAHUN 2014
XVI + 107 halaman, tabel, gambar, lampiran

Stasiun kereta api merupakan prasarana kereta api sebagai tempat pemberangkatan dan pemberhentian kereta api. Berdasarkan survey yang peneliti lakukan di Stasiun Kereta Api Kutoarjo ditemukan aspek sanitasi lingkungan yang belum memenuhi syarat,salah satunya tentang pengelolaan sampah yang masih menjadi masalah di Stasiun Kereta Api Kutoarjo. Tujuan penelitian mengadakan  di stasiun kereta api Kutoarjo untuk mengetahui lebih lanjut keadaan sanitasi di Stasiun Kereta Api Kutoarjo.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan melakukan pengamatan, pengukuran dan wawancara. Hasil dimasukan dalam bentuk narasi dan tabel, kemudian di analisis dan dibandingkan dengan peraturan yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan sanitasi Stasiun Kereta Api Kutoarjo Tahun 2014  didapatkan hasil sebesar 88,30% dengan rincian adalah bagian luar stasiun sebesar 86,20%, bagian dalam stasiun sebesar 90,90%, dan fasilitas pendukung sebesar 87,80%. Hasil penilaian sanitasi dasar sebesar 89,83%. Hasil pengukuran Intensitas suara di Stasiun Kutoarjo 56,40 dB.
Kesimpulan Sanitasi Stasiun Kereta Api Kutoarjo termasuk dalam kategori baik, tetapi masih ada beberapa komponen yang belum memenuhi syarat yaitu pengangkutan sampah dari TPS ke TPA, penerangan di tempat parkir, kondisi sebagian ruangan yang masih panas. Adapun saran, yaitu pengangkutan sampah sebaiknya 1 hari sekali, penambahan lampu pada tempat parkir, penambahan kipas angin atau penambahan ventilasi pada ruangan kantor yang tidak memakai AC.
 
Daftar bacaan : 15 (1981-2013)
Kata kunci      : Sanitasi stasiun kereta api,sanitasi tempat-tempat umum
Klasifikasi      : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar