Senin, 22 September 2014

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan  
Karya Tulis Ilmiah,   Juli 2014

Abstrak
Seti Yuliowati (se05ty@yahoo.com)
KADAR FORMALIN PADA IKAN ASIN JAMBAL ROTI (Arius thalassinus) DiI KAWASAN WISATA TELUK PENYU CILACAP TAHUN 2014
XVI + 62 halaman : gambar, tabel, lampiran

Latar belakang dan tujuan, Ikan merupakan komoditi ekspor yang mudah mengalami pembusukan dibandingkan produk daging, buah dan sayuran. Ikan jambal roti adalah produk ikan asin yang berasal dari ikan Manyung (Arius thalassinus), merupakan salah satu bahan makanan yang dalam pencampuranya sering ditemukan bahan tambah makanan yang dilarang pemerintah yaitu formalin. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kadar formalin yang terdapat pada ikan asin jambal roti (Arius thalassinus) yang dijual di kawasan wisata Teluk Penyu Cilacap Tahun 2014.
Metode penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan analis laboratorium, untuk memperoleh gambaran tentang kondisi fisik ikan asin Jambal roti (Arius thalassinus), mengukur tingkat pengetahuan pedagang dan pemeriksaan kadar formalin pada ikan asin Jambal roti (Arius thalassinus) di kawasan wisata Teluk Penyu Cilacap Tahun 2014.
Hasil pemeriksaan kondisi fisik dari 10 sampel ikan asin Jambal roti (Arius thalassinus) yang diukur secara organoleptik didapatkan hasil kategori baik dengan presentase 70%. Hasil pemeriksaan dari 10 sampel 9 sampel negatif (tidak mengandung formalin) pada sampel nomer 1,2,3,4,5,7,8,9,10 dan 1 sampel mengandung formalin 0,5 mg pada sampel nomer 6.

Kesimpulan satu sampel dinyatakan positif mengandung formalin 0,5 mg pada sampel 6 maka sampel 6 dinyatakan tidak aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Tingkat pengetahuan pedagang masih kurang tentang bahan tambah makanan yg dilarang, peneliti perlu memberi masukan tentang bahaya formalin sebagai bahan tambahan makanan sehingga dikemudian hari pedagang tersebut mengetahui tentang bahaya formalin sebagai bahan tambahan makanan yang dilarang. 


Daftar bacaan  : 19 (1987-2013)
Kata kunci       : Kondisi fisik,Tingkat pengetahuan,Formalin
Klasifikasi       :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar