Selasa, 23 September 2014

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2014

Abstrak
Yulian Irfan Widodo  ( dodozscream@gmail.com )
HUBUNGAN LINGKUNGAN FISIK RUMAH DENGAN KEJADIAN PENYAKIT INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT  ( ISPA )  PADA BALITA DI DESA KARANGRAU KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2014 
XVII + 95 halaman: gambar, tabel,lampiran

Penyakit infeksi saluran pernafasan akut  ( ISPA )  merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang utama.Karena masih tingginya angka kejadian penyakit ISPA terutama pada balita.Kondisi lingkungan rumah yang buruk akan meningkatkan resiko terjadinya ISPA. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan lingkungan fisik rumah dengan kejadian penyakit ISPA pada balita.
Metode yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan case control.Jumlah responden sebanyak 46 orang, 23 sebagai kasus dan 23 sebagai kontrol.Variabel yang diteliti adalah suhu, kelembaban, pencahayaan, ventilasi, jenis lantai dan kepadatan penghuni. Analisis menggunakkan SPSS versi 17 dengan uji Chi Square dan OR dengan CI 95% dan α 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan lingkungan fisik rumah yang memiliki hubungan adalah kelembaban dengan nilai P-value = 0,044 OR = 4,286, ventilasi dengan nilai P-value = 0,001 OR = 10,200, jenis lantai dengan nilai Pvalue = 0,022 OR = 11,733, kepadatan penghuni dengan nilai P-value = 0,018 OR = 5,313. Suhu dan pencahayaan merupakan lingkungan fisik rumah yang tidak memiliki hubungan bermakna tetapi berisiko.
Kesimpulan penelitian ini adalah lingkungan fisik rumah dapat menjadi faktor risiko terjadinya ISPA.Faktor yang memiliki hubungan bermakna adalah kelembaban, ventilasi, jenis lantai dan kepadatan penghuni.Peneliti menyarankan masyarakat untuk membiasakan membuka jendela setiap hari sehingga memperlancar sirkulasi udara dan rumah mendapat pencahayaan yang cukup.

Daftar bacaan : 23  ( 1986 – 2014 )
Kata kunci      : Lingkungan Fisik, Rumah, ISPA
Klasifikasi      :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar