Selasa, 23 September 2014

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2014

Abstrak
Umi Chanifah (chanifahumi84@yahoo.co.id)
HUBUNGAN SANITASI ASRAMA DAN PERSONAL HYGIENE DENGAN KEJADIAN SCABIES DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN (PPTQ)
AL-ASY’ARIYYAH WONOSOBO TAHUN 2014 
XVI + 102 : gambar, tabel, lampiran 

Salah satu tempat umum adalah pondok pesantren, prevalensi penyakit Scabies di Pondok Pesantren dipengaruhi oleh kondisi sanitasi lingkungan yang tidak memenuhi syarat dan personal hygiene yang buruk. Kejadian Scabies terjadi setiap tahun pada Santri di PPTQ Al-Asy’ariyyah, dan masih menjadi sebagai prioritas utama. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Sanitasi asrama dan personal hygiene (perilaku cucitangan, perilaku mandi, perilaku berpakaian dan perilaku tidur) santri dengan kejadian Scabies. 
Metode penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan Cross sectional . dengan jumlah hunian 22 kamar santri dan 90 orang santri sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan pengukuran. Pengolahan data dengan menggunakan editing, coding, saving dan tabulating. Data dalam penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat dengan analisa uji statistic chi square
Hasil penelitian menunjukan sanitasi asrama di PPTQ Al-Asy’ariyyah dalam kondisi Kurang baik (100%) dan Personal hygiene yang dimiliki santri 13,3% baik, 73,3% kurang baik dan 13,3% kurang baik. Santri yang menderita Scabies ada 58 santri (64,4%) dan yang tidak menderita Scabies ada 32 Santri (35,6%). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara sanitasi asrama dan personal hygiene dengan kejadian Scabies di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Al-Asy’ariyyah Wonosobo Tahun 2014 . Karena pvalue 0,005 < 0,05 maka Ho ditolak Disarankan bagi pondok pesantren untuk memperbaiki sanitasi asrama, bagi santri agar lebih mengutamakan kesehatan pribadi masing-masing dan bagi dinas kesehatan untuk membantu menangani kasus Scabies di pondok pesantren.

Daftar bacaan : 11 (2000-2013)
Kata kunci      : Sanitasi , personal hygiene, Scabies
Klasifikasi      : - 
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar