Senin, 01 September 2014

Tinjauan Pengelolaan Sampah di Lokawisata Baturraden

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia  
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang  
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan  
Karya Tulis Ilmiah, 22 Juli 2014

Abstrak
Bagas Dwi Purwanto
Tinjauan Pengelolaan Sampah di Lokawisata Baturraden Kabupaten Banyumas Tahun 2014 
xvii + 64 halaman : tabel, gambar, lampiran 

Lokawisata Baturaden merupakan tempat umum yang banyak dikunjungi orang-orang. Adanya kebiasaan pengunjung jika ke suatu daerah tujuan wisata selalu membawa makanan, hal ini menempatkan pengunjung sebagai salah satu unsur potensial untuk menghasilkan sampah. Tujuan penelitian yaitu untuk memperoleh gambaran yang jelas dan nyata tentang pengelolaan sampah di Lokawisata Baturraden.
Metode penelitian adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian untuk mengetahui aspek pengelolaan sampah di lokawisata Baturraden. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan pengukuran. Analisis data yang digunakan secara deskriptif, untuk menggambarkan hasil penelitian
Hasil penilitian yaitu penimbulan sampah yang dihasilkan bersumber dari aktifitas manusia maupun kegiatan pemeliharaan lingkungan. Tempat sampah yang terdapat di lokawisata berjumlah 108 buah antara lain tempat sampah fiber dengan prosentase 87,50% kategori baik dan tempat sampah drum kategori cukup baik dengan prosentase 62,5%. Tahap pengumpulan di TPS, berdasarkan hasil pengamatan diperoleh nilai 58,33% kategori cukup baik untuk TPS dekat loket atas, 41,66% kategori kurang baik untuk TPS terminal tengah, dan 58,33% sebelah selatan loket bawah/tikungan jalan maka termasuk dalam kategori cukup baik. Tahap pengangkutan, sampah masuk dalam kategori baik dengan prosentase 90,90% dan tahapan pembuangan akhir ini masuk dalam kategori baik dengan prosentase 87,50%.
Kesimpulan dari penelitian adalah pengelolaan sampah di Lokawisata Baturraden sudah cukup memenuhi syarat, akan tetapi masih terdapat kekurangan seperti tidak ada pengolahan dan pemanfaatan sampah, tidak ada pemisahan antara sampah organik dan sampah anorganik. Penulis menyarankan perlunya penyediaan tempat sampah yang terpisah antara sampah organik dan anorganik yang bervariasi.

Kepustakaan  : 16 (1982-2014)
Kata Kunci    :  Lokawisata, Sampah, Pengelolaan sampah
Klasifikasi     : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar