Senin, 01 September 2014

STUDI KUALITAS FISIK UDARA DI PT INDUSTRI

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma Iii Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2014

Abstrak
Dwi Tia Mei Lani ( dwi_tiameilani@yahoo.com)
STUDI KUALITAS FISIK UDARA DI PT INDUSTRI SANDANG NUSANTARA (Persero) Patal I CILACAP TAHUN 2014 
xv + 56 halaman : gambar, tabel, lampiran 

PT. Industri Sandang Nusantara (Persero) Patal I Cilacap merupakan salah satu perusahaan benang yang mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 697 orang. Pencahayaan di industri tersebut kurang jelas untuk bekerja, kurangnya ventilasi menyebabkan karyawan merasakan panas. PT. Industri Sandang Nusantara (Persero) Patal 1 Cilacap melakukan pemeriksaan kualitas fisik udara terahir pada tahun 2008. Tujuan penelitian adalah medeskripsikan dan mengukur kualitas fisik udara berupa intensitas Suara, intensitas Cahaya, suhu dan kelembaban.
Metode penelitian adalah deskriptif. Penelitan di lakukan di ruang produksi patal 1. Pengukuran intensitas suara, intensitas cahaya, suhu dan kelembaban kemudian dibandingkan dengan nilai ambang batas Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1405/Menkes/Sk/Xi/2002 Tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran Dan Industri.
Hasil pengukuran intensitas suara di ruang produksi rata- rata tiap shift yaitu shift satu 96,01 dB(A), shift dua 96,14 dB(A), dan shift tiga 95,58 dB(A) tidak memenuhi syarat. Hasil pengukuran intensitas cahaya di ruang produksi tiap shift yaitu shift satu 51,58 Lux, shift dua 36 Lux, shift tiga 42,71 Lux dan semua hasil tidak memenuhi syarat untuk intensitas cahaya, suhu di tiga shift tidak memenuhi syarat karena tiap rata-rata shift di dapat hasil shift satu 33,43C, sedangkan shift dua dan shift tiga 34,570C. Kelembaban di ruang produksi memenuhi syarat karena hasil pengukuran di dapat hasil shift satu 77,86 %, shift dua 78,57% dan di shift tiga 76,29%. Terdapat tiga pengukuran yang tidak memenuhi syarat yaitu intensitas suara, cahaya, suhu. Kelembaban telah memenuhi syarat. Saran yang dapat dilakukan oleh perusahan yaitu bekerjasama dengan dinas terkait untuk pemantauan secara berkala kualitas fisik udara, pemeliharan mesin secara berkala, pembuatan ventilasi atau penambahan alat pendingin ruangan.

Daftar Bacaan : 27 (1987-2014)
Kata kunci       : Kualitas Fisik Udara, Tekstil
klasifikasi        : 
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar