Selasa, 02 September 2014

STUDI KOMPARASI ANGKA KUMAN UDARA PADA RUANG

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, 30 juni 2014

Abstrak 
Muhammad Fuad (MuhammadFuad48@yahoo.co.id)
STUDI KOMPARASI ANGKA KUMAN UDARA PADA RUANG PERAWATAN KELAS III  DI IRNA II RSUD Prof. Dr. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO TAHUN 2014 
XIV+81 halaman: gambar, tabel, lampiran

RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto adalah rumah sakit daerah tipe B yang memberikan pelayanan kedokteran spesialis dan subspesialis terbatas. Ruang Perawatan Kelas III di IRNA II adalah ruang perawatan untuk penyakit bedah, sehingga berpotensi terjadinya infeksi nosokomial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan angka kuman udara yang ada di 6 jenis ruang perawatan kelas III di IRNA II RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.
Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Jenis variabel yang digunakan yaitu variabel bebas (kondisi sanitasi ruang perawatan kelas III di IRNA II), variabel terikat (angka kuman udara), variable pengganggu (suhu, kelembaban, pencahayaan, luas ventilasi dan kepadatan hunian).
Hasil pemeriksaan, rata  rata angka kuman udara dari 6 ruangan yang diperiksa adalah 157,5 CFU/m3. Rata  rata suhu adalah 29,63C. Rata  rata kelembaban adalah 69,05%. Rata  rata pencahayaan adalah 122,5 Lux. Luas lubang ventilasi rata  rata adalah 13,5 m2 . Kepadatan hunian rata  rata adalah 17,55m3. Kesimpulan ruang perawatan kelas III di IRNA II belum
sepenuhnya memenuhi syarat sepenuhnya dilihat dari kualitas fisik lingkungan. Peneliti menyarankan sebaiknya ada monitoring angka kuman udara sebagai indikator dilakukannya desinfeksi ruangan.

Kepustakaan : 12 ( 2002  2014 )
Kata kunci    : Rumah sakit, angka kuman udara.
Klasifikasi    : 
Fulltext


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar