Senin, 01 September 2014

DESKRIPSI SARANA SANITASI WISATA PANTAI TELUK PENYU

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2014

Abstrak
ASIH KUSWANTARI (kuswantari11@gmail.com)
DESKRIPSI SARANA SANITASI WISATA PANTAI TELUK PENYU DI KABUPATEN CILACAP TAHUN 2014. 
XV+ 76 halaman : gambar, tabel, lampiran

Tempat wisata merupakan tempat kegiatan bagi umum yang mempunyai tempat, sarana dan kegiatan tetap maupun terus menerus, secara membayar ataupun tidak membayar yang diselenggarakan oleh badan pemerintah,swasta maupun perseorangan yang dipergunakan langsung oleh masyarakat. Salah satu tempat wisata yang diminati masyarakat adalah pantai. Pantai memiliki potensi sebagai tempat terjadinya penularan penyakit, pencemaran lingkungan, ataupun gangguan kesehatan lainya. Kondisi lingkungan yang tidak terpelihara akan menambah besarnya risiko penyebaran penyakit serta pencemaran lingkungan sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan dengan menerapkan sanitasi lingkungan yang baik.Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui kondisi sarana sanitasi wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap Tahun 2014.
Jenis penelitian ini adalah Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan verifikatif yang bertujuan untuk menguji kebenaran dari suatu fenomena yang ada di alam melalui penelitian / pengujian. Sampel yang digunakan adalah random sampling yaitu pedagang/pelaku usaha di obyek wisata pantai teluk penyu tahun 2014 yang diambil secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan wawanncara dan observasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai mean dan persentase.
Hasil penelitian yang didapat dari observasi dan wawancara yaitu sarana sanitasi penyediaan air bersih termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 350 (90 %), sarana pengelolaan limbah cair termasuk dalam kategori kurang dengan skor 76 (34%), sarana pengelolaan sampah padat termasuk dalam kategori kurang dengan skor 171 (35%), sarana pembuangan tinja termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 182 (83%).   Kesimpulan bahwa sarana sanitasi di obyek wisata pantai teluk penyu tahun 2014 secara keseluruhan sudah dalam kategori cukup dengan skor 779 (59%). Disarankan kepada pihak pengelola obyek wisata pantai teluk penyu untuk melakukan pemicuan dan penyuluhan mengenai pengelolaan sampah padat dan pengelolaan limbah cair.

Daftar Bacaan : 12 (1984  2012)
Kata Kunci      : Sanitasi Pantai
Klasifikasi       : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar