Selasa, 02 September 2014

TINJAUAN PENGELOLAAN SAMPAH PASAR

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2014 

ABSTRAK 
Ilan DH (ilanmendo@yahoo.com)
TINJAUAN PENGELOLAAN SAMPAH PASAR SINDURAJA KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2014 
Xiii+66 Halaman, Tabel, Gambar, Lampiran 

Pasar merupakan sebagai tempat untuk melakukan aktifitas transaksi antara penjual dan pembeli. Pasar selalu menghasilkan sampah dalam jumlah banyak. Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan gangguangangguan kenyamanan, bahaya banjir, pencemaran lingkungan hingga menimbulkan gangguan-gangguan kesehatan atau sebagai penularan penyakit seperti kolera, disentri. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan tentang penimbulan sampah, pewadahan sampah, pengumpulan sampah, pengangkutan sampah, pengolahan sampah dan pembuangan akhir sampah.
Metode penelitian deskriptif yaitu dengan mendiskripsikan tentang pengelolaan sampah di Pasar Sinduraja, meliputi penimbulan sampah, pewadahan sampah, pengumpulan sampah, pengangkutan sampah, pengolahan sampah dan pembuangan akhir sampah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sampah di Pasar Sinduraja jumlah penimbulan sampah rata-rata saat hari pasaran yaitu 8,06 m3, dengan perincian yaitu jumlah sampah organik 4,58 m3 dan jumlah sampah anorganik 3,48 m3. Selain itu peran serta pedagang dalam menghasilkan sampah dan perawatan tempat sampah yang masih rendah serta kesadaran untuk menciptakan lingkungan yang bersih yang masih rendah pula. Hal ini yang menjadi kendala bagi petugas kebersihan dalam pengelolaan sampah di Pasar Sinduraja.
Kesimpulan penelitian ini adalah sistem pengelolaan sampah di Pasar Sinduraja. kurang baik, yaitu ada beberapa permasalahan seperti perlu adanya pengawasan dari pengelola pasar yaitu dengan peningkatan penyuluhan kesehatan lingkungan kepada pedagang yang cukup, sebagai penunjang kegiatan pengelolaan sampah Pasar Sinduraja, bagi para petugas kebersihan harus memakai APD (Alat Pelindung Diri) yang lengkap agar dalam bekerja tidak terjadi kecelakaan kerja.

Daftar bacaan : 12 (1978-2008)
Kata kunci      : sampah, pasar, pengelolaan
Klasifikasi      :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar