Selasa, 02 September 2014

EKSPLORASI SPESIES NYAMUK DI SELOKAN

Kementerian KesehatanRepublik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III KesehatanLingkungan
KaryaTulisIlmiah, Juni 2014

Abstrak
Kabul BayuSaputra  ( kabulbayu29@rocketmail.com )
EKSPLORASI SPESIES NYAMUK DI SELOKAN KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS  ( STUDI KASUS DI PERUMAHAN TELUK ) TAHUN 2014 
xvi+102 halaman, tabel, gambar, lampiran

Kelurahan teluk mengalami perubahan ekologi dari semula kebun/persawahan menja diperumahan sehinggamengubahtatalahan.Lahankosonguntukpemanfaatanhalam anrumahmenjadi modal utamapembuatanselokan, konstruksiselokan yang berbahankayu yang kemudian ditutup menggunakan semen cor. Kayu yang didiamkan terlalu lama makaakan lapuk dan menyumbat airhingga menjadi genangan padasaat hujan, genangan tersebut kemudian dimanfaatkan nyamuk sebagai resting place dan potensial breeding. Tujuan penelitian untuk mengetahui spesies nyamuk yang ada di selokan pada Perumahan Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Tahun 2014. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif eksploratif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menemukan sesuatu yang baru berdasarkan hasil eksplorasi mendalam pada objek tertentu. Penelitian ini bertujua nuntuk mengidentifikasi spesies nyamuk pada selokan dengan dugaan adanya perubahan tingkah laku pada tempat istirahat. Sembilan belas rumah di lakukan pengukuran suhu, kelembaban, danintensitas cahaya. Data pengukurandiketahuisuhuantara 29°C–33°C, kelembabanantara 58 %–80 %, danintensitascahayaantara 16 lux–257 lux.
Pengukuran di selokan pada pagi hari yaitu suhu antara 26,5°C–29°C, kelembaban antara 72%–88%, dan intensitas cahaya antara 0%–35%. Pengukuran di selokan pada malam hari yaitu suhu antara 26°C–28°C, kelembaban antara 81%– 90%, dan intensitas cahaya 0 lux. Penangkapan nyamuk di dalam rumah didapatkan spesies nyamuk Aedesaegyty, Aedesalbopictus, dan Culexquinquefasciatus. Penangkapan nyamuk di selokan didapatkan spesies nyamuk Culexquinquefasciatus. Kesimpulan selokan menjadi potensial breeding dan resting nyamuk Aedesalbopictus dan Culexquinquefasciatus. Saran menjaga kondisi selokan dari genangan air sehingga menjadi tempat berkembangbiak nyamuk.

Daftarbacaan : 20  ( 2004-2013 )
Kata kunci     : SpesiesNyamuk, Selokan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar