Senin, 22 September 2014

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
                                                                                                                 Karya Tulis Ilmiah, Juni 2014
 
Abstrak  
Pradita Dwi Setiawan
STUDI SANITASI GOR SATRIA PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2014 
xv + 100 halaman: gambar, tabel, lampiran  

Gelanggang olahraga adalah salah satu sarana penunjang kegiatan olahraga dan penting pengadaannya untuk kelangsungan kegiatan olahraga. GOR Satria Purwokerto merupakan gelanggang olahraga yang terdapat di Kabupaten Banyumas. Pengawasan sanitasi GOR yang meliputi bagian luar dan dalam serta fasilitas sanitasi dan pendukung disesuaikan dengan persyaratan kesehatan tempat-tempat umum untuk mencegah penularan penyakit dan gangguan lain.
Jenis Penelitian adalah deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran keadaan sanitasi GOR Satria Purwokerto. Cara pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dengan pengelola dan karyawan GOR, observasi langsung pada obyek yang diteliti serta dilakukan pengukuran, meliputi pengukuran pencahayaan, suhu dan kelembaban di mess atlet GOR Satria Purwokerto serta pemeriksaan kualitas air secara mikrobiologis.
Hasil pemeriksaan secara keseluruhan untuk sanitasi GOR memenuhi syarat sesuai dengan Keputusan Dirjen PPM & PLP yang meliputi persyaratan kesehatan lingkungan dan bangunan GOR dari bagian luar, bagian dalam lapangan futsal dan gedung sasana krida raga, fasilitas sanitasi dan pendukung. Sesuai hasil penilaian dengan menggunakan standar penilaian, prosentase yang diperoleh untuk GOR Satria Purwokerto sebesar 70,41% dan tergolong dalam katagori cukup.
Komponen sanitasi yang belum memenuhi syarat antara lain pada fasilitas sanitasi yang meliputi sarana pembuangan air limbah, jamban serta pengendalian vektor dan binatang pengganggu kemudian fasilitas pendukung seperti PPPK. Saran pembuangan air limbah seharusnya ada pengolahan terlebih dahulu sebelum dibuang ke badan air, kebersihan jamban perlu ditingkatkan lagi serta pengendalian vektor dan binatang pengganggu dilakukan dengan cara meningkatkan kebersihan lingkungan luar dan dalam GOR secara optimal dan menyeluruh agar timbulnya vektor dapat lebih di minimalisirkan dan dilengkapi paling tidak satu perlengkapan PPPK.

Daftar bacaan : 20 (1978-2011)
Kata kunci      : Sanitasi
Klasifikasi      :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar