Senin, 01 September 2014

TINJAUAN SARANA SANITASI DASAR PADA SEKOLAH DASAR NEGERI

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2014  

Abstrak 
Astri Wahyuni (astriwahyuni46@yahoo.com)
TINJAUAN SARANA SANITASI DASAR PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2014 
XIV + 87 : gambar, tabel, lampiran 

Usia sekolah dasar (6-11 tahun) sangat rawan terserang berbagai penyakit, dimana selain berfungsi sebagai tempat pembelajaranan sekolah  juga dapat menjadi sumber penularan penyakit jika tidak dikelola dengan baik. Sekolah yang kurang baik sanitasinya dapat berpengaruh pada proses belajar mengajar, hal ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan misalnya menurunkan konsentrasi belajar dan meningkatkan resiko penularan penyakit berbasis lingkungan seperti diare, TBC, ISPA dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kondisi sarana sanitasi dasar sekolah dasar negeri kecamatan Kalibagor yang meliputi sarana penyediaan air bersih, sarana pembuangan kotoran manusia, sarana pembuangan air limbah, sarana pengelolaan sampah dan sarana pengendalian vector.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif observasional dengan populasi yang diambil adalah seluruh sekolah dasar negeri yaitu senanyak 21 sekolah. Pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan editing, coding, saving dan tabulating. Data dalam penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat.
Hasil penelitian menunjukan bahwa prosentase rata-rata untuk 21 sekolah dasar dengan masing-masing variable ialah 92% dengan kategori sangat baik dan telah memenuhi syarat untuk sarana penyediaan air besih,  78% kategori baik dan memenuhi syarat untuk sarana pembuangan kotoran manusia, 63% kategori baik dan memenuhi syarat untuk sarana pengelolaan sampah, 57% kategori cukup dan belum memenuhi syarat untuk sarana pembuangan air limbah dan 53% kategori cukup dan belum memenuhi syarat untuk sarana pengendalian vector.
Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa kondisi sarana sanitasi disekolah dasar negeri kecamatan Kalibagor telah memenuhi syarat sesuai dengan Kepmenkes No.1429/MENKES/SK/XII/2006 dengan nilai prosentase total sebesar 71% termasuk kategori baik. Disarankan kepada semua pihak baik itu pemerintah setempat, kepala sekolah, guru sekolah dan petugas puskesmas setempat supaya melakukan pengawasan dan pembinaan sanitasi lingkungan sekolah agar kedepannya dapat lebih baik lagi.

Daftar bacaan : 31 (1985-2014)
Kata kunci      : Sanitasi, Sekolah
Klasifikasi      : -
Fulltext
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar