Senin, 01 September 2014

KOMPARASI DAYA TAHAN HIDUP LARVA Aedes aegypti PADA BEBERAPA KADAR BOD

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi D III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2014

Abstrak
Dian Fergianto  ( dianfergianto@yahoo.co.id )
KOMPARASI DAYA TAHAN HIDUP LARVA Aedes aegypti PADA BEBERAPA KADAR BOD TAHUN 2014 
XV + 42 halaman: gambar, tabel, lampiran

Secara teoritis nyamuk Aedes aegypti berkembang biak pada air bersih yang tidak bersentuhan dengan tanah. Penelitian sebelumnya menunjukan larva Aedes agypti mampu beradaptasi pada air selokan. Salah satu parameter air tercemar adalah BOD. Penelitian sebelumnya tidak menyebutkan kadar BOD dalam air selokan yang digunakan sebagai media perkembang biakan larva Aedes aegypti. Tujun penelitian untuk mengetahui daya tahan hidup larva Aedes aegypti dalam media dengan beberapa kadar BOD.
Jenis penelitian adalah quasy eksperiment dengan desain After Only With Control Design. Pengumpulan data dengan menghitung jumlah larva Aedes aegypti yang hidup. Untuk mengetahui kadar BOD dilakukan pemeriksaan di laboratorium. Analisis data menggunakan uji statistik anova one way kemudian dilanjut dengan uji LSD  ( Least Signifcant Difference )  untuk menguji pengaruh berbagai kadar BOD terhadap daya tahan hidup larva Aedes aegypti.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase larva hidup pada kadar BOD 47 mg/l sebanyak 55%,  kadar BOD 23,2 mg/l sebanyak 77,5%%, kadar BOD 24,2 mg/l sebanyak 70% dan pada kadar BOD 0 mg/l sebanyak 67,5%. Hasil anova one way nilai signifikasi 0,438 > nilai α  ( 0,05 ) berarti tidak ada perbedaan yang bermakna antara jumlah larva hidup pada masing-masing kadar BOD.
Kesimpulan tidak ada perbedaan yang bermakna antara jumlah larva Aedes aegypti yang hidup pada kadar BOD 47 mg/l, 23,2 mg/l, 24,2 mg/l dan 0 mg/l. Sehingga perbedaan kemampuan bertahan hidup larva Aedes aegypti di air bersih dan air tercemar tidaklah signifikan. Peneliti menyarankan untuk melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk dan memperhatikan kebersihan comberan.

Daftar bacaan  : 15  ( 1999-2013 )
Kata Kunci      : Daya tahan, larva Aedes aegypti, BOD
Klasifikasi       : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar