Selasa, 02 September 2014

KOMPARASI ANGKA KUMAN PADA ALAT MAKAN SEBELUM DAN SETELAH DESINFEKSI

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Purwokerto Karya Tulis Ilmiah, Juli 2014

ABSTRAK
Hartanti  ( tanti2105@yahoo.com )
KOMPARASI ANGKA KUMAN PADA ALAT MAKAN SEBELUM DAN SETELAH DESINFEKSI DI INSTALASI GIZI RSU SINAR KASIH PURWOKERTO TAHUN 2014 
XVI + 74Halaman : gambar, tabel, lampiran

Salah satu tempat yang memiliki tingkat kontaminasi tinggi adalah rumah sakit. Pasien di rumah sakit sangat rentan terhadap penyakit, sehingga kebersihan alat makan harus diperhatikan. Makanan atau minuman yang disajikan dengan alat makan yang terkontaminasi E. coli dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada manusia.Peralatan makanan yang kontak langsung dengan makanan siap disajikan tidak boleh mengandung angka kuman yang melebihi 100koloni/cm2dan bakteri E.Coli/cm2 pada permukaan alat. Apabila terdapat angka kuman yang melebihiketentuan berarti tidak memenuhi syarat kesehatan. Tujuan penelitian  mengetahui jumlah angka kuman pada alat makan  sebelum dan setelah desinfeksi di ruang Instalasi Gizi RSU Sinar Kasih Purwokerto.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dengan metode pendekatan cross sectional. Sampel alat diambil adalah 3 alat makan yang di ambil dengan teknik purposif samplingyaitu3 piring, 3 gelas, 3 sendok. Pengumpulan data dengan cara melakukan pemeriksaan dan perhitungan koloni kuman, wawancara dan observasi.
Hasil sebelum desinfeksi angka kuman pada alat makan dari 9 sampel  ( 3 piring, 3 gelas dan 3 sendok)  rata-rata yaitu piring 186,66 koloni/cm, gelas 78,33 koloni/cm2dan sendok 76,66 koloni/cm2. Sedangkan setelah desinfeksi angka kuman pada alat makan dari 9 sampel rata-rata yaitu piring 91,66 koloni/cm, gelas 26,17 koloni/cm2 dan sendok 12,33 koloni/cm2
Saran  RSU Sinar Kasih Purwokerto perlunya pengambilan angkakuman alat makan secara rutin, memperketat pengawasan kebersihan ruangan, penyimpanan alat makan pada tempat yang bersih dan tertutup, desinfeksi peralatan makan dengan suhu > 80 dan menyediakan kran air panas di Instalasi Gizi RSU Sinar KasihPurwokerto.

Daftar Bacaan :15  ( 1991- 2014 )
Kata kunci       : Rumah Sakit, Ruang Instalasi Gizi, Kuman Alat Makan
Klasifikasi       :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar