Selasa, 23 September 2014


                                                                                           Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
                                                                                             Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
                                                                                             Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
                                                                                 Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
                                                                                                                  Karya Tulis Ilmiah, Juni 2014

Abstrak
TITIS DWI HAPSARI (titisdwihapsari@yahoo.com)
DOSIS KAPORIT YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENGHASILKAN SISA CHLOR SESUAI STANDAR PADA AIR SUMUR GALI  DI DESA SOKARAJA KULON KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2014
XVI + 68 halaman, gambar, tabel, lampiran

Kualitas air bersih yang dikonsumsi oleh masyarakat harus bebas dari mikroba pathogen seperti Coliform sp. Air sumur gali percobaan di Desa Sokaraja Kulon memiliki kandungan Coliform sp > 2400 kol/100 ml, hal ini dapat berisiko terjadinya penyakit Water Borne Desease. Chlorinasi adalah salah satu cara membunuh mikroba pathogen dalam air bersih. Chlorinasi yang memenuhi persyaratan menghasilkan sisa chlor  0,3 mg/l (0,2-0,5 mg/l) pada air sumur gali.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dengan metode one shoot case study. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan pengukuran. Penelitian disajikan dalam bentuk narasi dan tabel. Analisis data yang digunakan adalah uji pair  “t” test. 
Hasil penelitian rata- rata sisa chlor 0,29 mg/l dengan dosis kaporit 60% 2,64 mg/l, sedangkan sisa chlor yang diharapkan adalah 0,3 mg/l. Kemudian dilakukan perhitungan statistik menggunakan uji pair  “t” test  dengan hasil signifikasi 0,21 > α (0,05).
Kesimpulan penelitian adalah Ho diterima diterima yang berarti tidak ada perbedaan bermakna antara sisa chlor setelah diberi dosis kaporit dengan sisa chlor yang diharapkan pada air sumur gali di Desa Sokaraja Kulon. Sehingga dapat diketahui bahwa dengan pemberian dosis kaporit sebesar 2,64 mg/l menghasilkan sisa chlor sesuai standar pada air sumur gali di Desa Sokaraja Kulon Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas.  Kepada masyarakat Desa Sokaraja Kulon yang mempunyai masalah pada air sumur gali  terutama yang mengandung Coliform sp sangat tinggi dapat didesinfeksi melalui penambahan kaporit dengan dosis minimal 2,64 mg/l . 

Daftar bacaan : 26 (1975 – 2013)
Kata kunci      : Chlorinasi
Klasifikasi      :   
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar