Selasa, 23 September 2014

KementerianKesehatanRepublik Indonesia 
PoliteknikKesehatanKemenkes Semarang 
JurusanKesehatanLingkunganPurwokerto
Program Studi Diploma III KesehatanLingkungan 
KaryaTulisIlmiah, Juni 2014

Abstrak  
TithaYudaPratiwi (titha.yuda@gmail.com)
KANDUNGAN BAKTERI Escherichia coli PADA PERMUKAAN KEMASAN MINUMAN KALENG YANG DIJUAL PEDAGANG DI TERMINAL BUS PURWOKERTO TAHUN 2014 
XVI +63 halaman: gambar, tabel, lampiran 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Tegar Sri Argadhitya mengenai Studi Angka Kuman pada Permukaan Kemasan Minuman Kaleng yang dijual Pedagang di Terminal Bus Purwokerto Tahun 2013 didapatkan hasil rata-rata 659 kol/cm2. Keberadaan jasad renik yang tinggi dikhawatirkan terdapat bakteri pathogen (Escherichia coli) pada kemasan minuman kaleng. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat bakteri Escherichia coli pada permukaan kemasan minuman kaleng yang dijualpedagang di Terminal Bus Purwokerto.  Metode penelitian ini bersifat deskriptif dengan analisa laboratorium untuk mengetahui angka kuman Escherichia coli pada permukaan kemasan minuman kaleng yang dijual di Terminal Bus Purwokerto.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pemeriksaan laboratorium usapan permukaan kemasan minuman kaleng yang dijualpedagang di Terminal Bus Purwokerto 2 sampel tidak memenuhi syarat (mengandung kuman Escherichia coli) dan 6 sampel sudah memenuhi syarat (tidak mengandung kuman Escherichia coli) sesuaidengan Permenkes RI No. 1096/Menkes/PER/2011 tentang Hygiene Sanitasi Jasaboga.  Dari 8 sampel terdapat 2 sampel tidak memenuhi syarat dan 6 sampel memenuhi syarat, tingkat sanitasi tempat penjualan kurang baik, dan tingkat pengetahuan kurang baik. Berdasarkan kesimpulan tersebut diharapkan kepada pedagang kemasan minuman kaleng untuk lebih menjaga kebersihan hygiene sanitasi makanan dan minuman terutama pada tempat penjualan dengan melindungi barang dagangan sehingga kecil kemungkinan terjadinya kontaminasi pada barang dagangan yang dijual.

Daftarbacaan : 20 (1987  2014)
Kata kunci     : Escherichia coli, hygiene,sanitasi, kemasanminumankaleng
Klasifikasi     :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar