Selasa, 02 September 2014

STUDI BORAKS PADA LALAPAN DAUN SINGKONG YANG DIJUAL DI RUMAH MAKAN PADANG

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2014

Abstrak
Izza Salsabila (izzasalsabila548@yahoo.co.id)
STUDI BORAKS PADA LALAPAN DAUN SINGKONG YANG DIJUAL DI RUMAH MAKAN PADANG KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN 2014.
 XVI + 58 halaman : gambar, tabel, lampiran 

Lalapan daun singkong sebagai menu yang khas di Rumah Makan Padang. Lalapan Daun singkong memiliki sifat yang mudah membusuk dalam hitungan jam, sehingga perlu dilakukan pengawetan agar lalapan tidak cepat basi dan rasanya tetap enak. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya kandungan boraks pada lalapan daun singkong di Rumah Makan Padang. Metode penelitian deskriptif, yaitu data yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar yang ada. Hasil ada tidaknya kandungan boraks pada lalapan daun singkong, diperoleh dengan cara pemeriksaan di laboratorium, dan pemeriksaan organoleptik lalapan daun singkong serta pengetahuan pedagang mengenai boraks sebagai bahan tambahan makanan yang dilarang diperoleh dengan cara wawancara.
Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan 5 sampel negatif dan 1 sampel positif. Pemeriksaan secara organoleptik dihasilkan 5 sampel tidak dicurigai mengandung boraks, dan 1 sampel dicurigai mengandung boraks.Pengetahuan pedagang atau penjamah Rumah Makan Padang menunjukkan nilai 83,34% dengan kriteria sangat baik.
Kesimpulan dari 6 sampel lalapan daun singkong, 5 sampel positif dan 1 sampel negatif. Pemeriksaan secara organoleptik dihasilkan 5 sampel tidak dicurigai mengandung boraks dan 1 sampel dicurigai mengandung boraks. Kuesioner tingkat pengetahuan pedagang atau penjamah lalapan daun singkong didapat nilai 83,34% dengan kriteria sangat baik. Disarankan petugas Puskesmas setempat untuk meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan mutu makanan serta melakukan penyuluhan tentang bahan berbahaya boraks atau bleng pada lalapan daun singkong.

Daftar bacaan  : 17 (1995  2014)
Kata kunci       : Boraks, Lalapan daun singkong
Klasifikasi       : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar