Senin, 22 September 2014

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2014   

Abstrak 
Sri Dian Pratiwi
IDENTIFIKASI PENAMBAHAN ZAT PEWARNA SINTETIS RHODAMIN B DAN METHANIL YELLOW PADA JELLY  YANG DIJUAL DI PASAR WAGE KECAMATAN PURWOKETO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2014 
XVI + 55 halaman: gambar, table, lampiran 

Jelly merupakan salah satu jajanan yang digemari anak-anak. Selain karena rasanya yang segar dan manis, jajanan ini juga tersedia di pasaran dalam warna dan bentuk yang beragam. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya kandungan Rhodamin B dan Methanil Yellow pada jelly yang dijual di Pasar wage Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian Deskriptif yaitu data yang diperoleh kemudian dibandingkan  dengan standar yang ada. Hasil ada tidaknya kandungan Rhodamin B dan Methanil Yellow pada jelly diperoleh dengan dengan cara melakukan pemeriksaan di Laboratorium menggunakan metode Asam Basa, dan pemeriksaan organoleptik pada jelly serta pengetahuan pedagang mengenai Rhodamin B dan Methanil Yellow sebagai bahan tambahan makanan yang dilarang diperoleh dengan cara wawancara.
Hasil pemeriksaan  laboratorium menunjukkan seluruh sampel jelly negatif mengandung Rhodamin B dan Methanil Yellow. Pemeriksaan secara organoleptik dihasilkan 5 sampel tidak berwarna mencolok, sedangkan 1 sampel berwarna mencolok. Pengetahuan pedagang menunjukan 6 dari 8 pedagang memiliki kriteria sangat baik dengan nilai 75%.
Kesimpulan seluruh sampel jelly negatif mengandung Rhodamin B dan Methanil Yellow. Pemeriksaan secara organoleptik dihasilkan 5 sampel jelly tidak berwarna mencolok sedangkan 1 sampel jely berwarna mencolok. Kuesioner tingkat pengetahuan pedagang jelly sebagian besar pedagang mendapat kriteria sangat baik dengan nilai 75%. Disarankan petugas Puskesmas setempat untuk meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan mutu makanan serta melakukan penyuluhan tentang zat pewarna berbahaya seperti Rhodamin B dan Methanil Yellow.

Daftar bacaan  : 14 (2007  2014)
kata kunci        : Rhodamin B dan Methanil Yellow
klasifikasi        :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar