Senin, 22 September 2014

STUDI TENTANG INTENSITAS SUARA DAN UPAYA PENGENDALIAN KEBISINGAN DI BANDAR UDARA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2014 

Abstrak
Pradita Wira Riadiany (praditawira@yahoo.com)
STUDI TENTANG INTENSITAS SUARA DAN UPAYA PENGENDALIAN KEBISINGAN DI BANDAR UDARA HUSEIN SASTRANEGARA BANDUNG 2014 
XVII + 90 Halaman : gambar, tabel, lampiran 

Pengukuran Laboratorium Pengendalian Kualitas Lingkungan PDAM Tirtawening Kota Bandung menyebutkan bahwa Bandar Udara Husein Sastranegara merupakan area bising dengan presentase tertinggi yaitu sebesar 89,83 dB(A). Tujuan penelitian  intensitas suara dan upaya pengendalian kebisingan di Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung Tahun 2014. 
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dekriptif dimaksudkan untuk memperoleh gambaran tentang intensitas suara dan upaya pengendalian kebisingan di Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung Tahun 2014 dengan mendeskripsikan lima titik pengukuran yaitu apron (tempat parkir pesawat), check in / ruang proses tiket dan bagasi, ruang tunggu penumpang, tempat parkir umum, dan perumahan.
Hasil pengukuran intensitas suara di Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung menunjukkan bahwa semua lokasi pengukuran menunjukkan hasil 83,78 dB(A) pada apron (area parkir pesawat), hasil 72,66 dB(A) pada check in / ruang proses tiket dan bagasi, hasil 75,37 dB(A) pada ruang tunggu penumpang, hasil 65,93 dB(A) pada tempat parkir umum dan hasil 68,52 dB(A) pada permukiman. Hasil intesitas suara tertinggi pada apron (area parkir pesawat) 85,33 dB(A) pada waktu pagi hari pukul 08.40 WIB. Pengelola Bandar UdaraHusein Sastranegara Bandung disarankan untuk memberi peringatan kepada karyawan atau tenaga kerja setiap maskapai pesawat untuk menggunakan alat pelindung diri yaitu ear muff saat bertugas di bagian apron (tempat parkir pesawat) dan mengukur intensitas suara secara berkala agar dapat memudahkan mengindentifikasibahaya yang dapat mengganggu aktifitas karyawan atau tenaga kerja.

Daftar bacaan : 17 (2002-2014)
Kata kunci      : Intensitas suara, pengendalian kebisingan
Klasifikasi      :  -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar