Senin, 22 September 2014

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia  
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang  
Jurusan Kesehatan Lingkungan purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto  
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2014

Abstrak
Ratna Ariyani ( ratna_ariyani@yahoo.co.id)

Studi Sanitasi Pasar Wage Purwokerto 

Pasar adalah salah satu tempat dimana orang banyak berkumpul dan beraktivitas setiap harinya, pasar berperan sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan, terutama pasar tradisional bagi golongan masyarakat menengah kebawah.
Tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi sanitasi Pasar Wage Purwokerto Kabupaten Banyumas tahun 2014. Metode Peneletian Descriptif dengan cara observasi dan wawancara.
Pasar Wage Purwokerto memiliki lahan seluas 10.305,44, m†  yang terdiri dari 2 kios yaitu kios lantai I dan kios lantai II dan terdapat 2 los yaitu di lantai I dan II. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan formulir (cheklist) Pasar Wage Purwokerto tergolong kriteria kurangdengan score memenuhi syarat 57 % tidak memenuhi syarat 31% dilihat dari  aspek sanitasinya sepertipenyedian air bersih dengan presentase 100 % dikategorikan baik, pengelolaan sampah dengan presentase 54,5 %  dikategorikan kurang hasil pengukuran volume  total sampah yang ada di pasar wage purwokerto sebanyak 9, 184 m‡/hari , pembuangan air limbah dikategorikan kurang dengan presentase 57,2 %, jamban dan kamar mandi dikategorikan baik dengan presentase 71,4 %, pengendalian vektor dikategorikan tidak memenui syarat, pengelolaan makanan dan minuman dikategorikan kurang dengan presentese 33,3 %.
 Kesimpulan bahwa Pasar Wage Purwokerto dikategorikan kurang ( Hasil penilaian berdasarkan Keputusan Mentri kesehatan Nomor 519/Menkes/SK/VI/2008). Untuk memperbaki sarana sanitasi yang kurang sebaiknya Pasar Wage Purwokerto sebaiknya perlu penambahan urinior untuk pria, perlu penambahan tempat sampah yang tertutup disetiap kios dan los , sebaiknya perlu penambahan pembuatan spictank untuk pembuangan air limbah, sebaiknya ada pemisahan kamar mandi pria dan wanita.

Daftar bacaan :2003-2014
Kata kunci     : sanitasi pasar
Klasifikasi     :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar