Senin, 01 September 2014

STUDY SANITASI PENGELOLAAN LINEN DI RSUD

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia  
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang  
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan  
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2014


Abstrak
Alfian Mubarak (iyan_bloom@yahoo.co.id)
STUDY SANITASI PENGELOLAAN LINEN DI RSUD HJ. ANNA LASMANAH BANJARNEGARA TAHUN 2014 
XVI + 90 halaman : gambar, tabel, lampiran 

RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara merupakan rumah sakit Tipe C, dengan nilai (Bed Occupancy Ratio) 72,32%, jumlah tempat tidur 177. Lingkungan rumah sakit yang kurang baik merupakan sumber potensi terjadinya infeksi nosokomial, salah satu lingkungan tersebut adalah pengelolaan linen. Dalam proses pengelolaan linen masih ada beberapa tahap yang belum memenuhi standar, yang meliputi pengumpulan linen yang belum terpisah antara linen infeksius dan non infeksius dan penyimpanan kereta linen yang tidak terlindungi sehingga bisa menjadi potensi cemaran bakteri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat sanitasi pengelolaan linen dan mendiskripsikan proses dan faktor  faktor yang mempengaruhi pengelolaan linen serta mengetahui jumlah angka kuman spora spesies Bacillus sp. pada linen bersih setelah keluar dari proses.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu dengan cara membandingkan hasil penelitian yang dilakukan dengan teori dan peraturan yang berlaku yaitu KepMenkes RI Nomor 1204/Menkes/SK/X/2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit.
Tingkat sanitasi pengelolaan linen di RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara dalam katagori cukup baik dengan nilai 58,30%. Hasil pemeriksaan mikrobiologi spora spesies Bacillus sp. pada seprei (136,71 inc), stik laken (152,83 inc2) dan selimut (20,15 inc2). Kesimpulan proses pengelolaan linen masih ada yang belum baik yaitu proses pengumpulan dan pengangkutan linen kotor yang masih tercampur antara linen infeksius dan non infeksius. Peneliti menyarankan untuk pelatihan pengelolaan linen yang baik dan bahaya linen kotor bagi kesehatan serta peningkatan kesadaran tenaga pengelola linen tentang pentingnya alat pelindung diri untuk mencegah terjadinya penyakit akibat kerja.

Kepustakaan : 13 ( 1989  2014 )
Kata kunci    : Pengelolaan, sanitasi dan linen rumah sakit
Klasifikasi    : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar