Senin, 22 September 2014


                                                                                           Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
                                                                                             Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
                                                                                            Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
                                                                                Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
                                                                                                                 Karya Tulis Ilmiah, Juni 2014

Abstrak
Rudi Wijaksono (rudilaas67@gmail.com)
STUDI SANITASI KOLAM RENANG TIRTO ASRI DI DESA WALIK KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2014 
xvi + 97 halaman : tabel, gambar, lampiran 

Objek Wisata Kolam Renang Tirto Asri Walik merupakan salah satu objek wisata di Purbalingga, yang merupakan salah satu tempat - tempat umum yang perlu mendapatkan perhatian dan pengawasan sanitasi. Sanitasi kolam renang yang memenuhi syarat bertujuan memutus rantai penularan penyakit. Tujuan penelitian sanitasi di Objek Wisata Kolam Renang Tirto Asri Walik yang meliputi sanitasi bagian luar, sanitasi bagian dalam, dan mengukur sisa chlor di kolam anak.
Metode penelitian deskriptif yaitu menggambarkan tentang keadaan sanitasi, sanitasi bagian luar meliputi lokasi, lingkungan, tempat sampah, Tempat Penampungan Sampah semetara (TPS), dan tempat parkir, sanitasi bagian dalam meliputi tata bangunan, kontruksi bangunan, persyaratan kesehatan kamar/ ruang, persyaratan kesehatan fasilitas sanitasi, pengeloaan sampah, dan kualitas air kolam renang di Objek Wisata Kolam Renang Tirto Asri Walik, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, serta mengukur sisa chlor. Teknik penilaian sanitasi menggunakan Permenkes RI no. 061/ Menkes/ Per/ 1/ 1991 yang dikembangkan sesuai penelitian ini.  Hasil penilaian dengan checklist dan kuesioner kolam renang belum memenuhi persyaratan kesehatan. Sanitasi bagian luar Objek Wisata Kolam Renang Tirto Asri Walik didapatkan hasil penilaian keseluruhan cheklist adalah 64,2%, kategori cukup baik dan hasil penilaian kuesioner adalah 66,6%, kategori cukup baik. Dan sanitasi bagian dalam Objek Wisata Kolam Renang Tirto Asri Walik didapatkan hasil penilaian keseluruhan cheklist adalah 63,5%, kategori cukup baik dan hasil penilaian kuesioner adalah 54,16%, kategori kurang baik. Hasil pengukuran sisa chlor rata-rata 0,025 mg/lt pada kolam renang anak belum memenuhi persyaratan menurut Permenkes RI no. 416/ Menkes/ Per/ IX/ 1990 tentang salah satu daftar persyaratan kualitas air kolam renang sisa chlor adalah 0,2  0,5 mg/lt.
Kesimpulan sanitasi secara keseluruhan dan sisa chlor pada kolam renang anak di Objek Wisata Kolam Renang Tirto Asri Walik belum memenuhi persyaratan kesehatan. Peneliti menyarankan perlu ditingkatkannya pemantauan kebersihan di Objek Wisata Tirto Asri Walik, memasang tata tertib untuk pengunjung dan himbauan yang bersifat mengajak untuk menjaga kebersihan dipasang disetiap kegiatan pengunjung, pembuatan TPS, tempat cuci tangan, peturasan, sarana pembuangan air limbah, dan dilakukan chlorinasi secara kontinyu.

Daftar bacaan : 11 (1990  2014)
Kata kunci      : Sanitasi, Kolam Renang
Klasifikasi       : - 
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar