Senin, 22 September 2014


                                                                                          Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
                                                                        Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang
                                                                                           Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
                                                                               Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
                                                                                                                  Karya Tulis Ilmiah, Juli 2014

ABSTRAK
Sri Rezeki Indah Astiani (indahastiani@yahoo.co.id)
STUDI PENGOLAHAN LIMBAH CAIR PENYAMAKAN KULIT DI PT BUDI MAKMUR KECAMATAN GEDONG KUNING YOGYAKARTA TAHUN 2014
XVI+45 halaman : gambar, tabel, lampiran 

PT Budi Makmur merupakan salah satu industri penyamakan kulit yang berada di yogyakarta. PT Budu Makmur mengolah kulit mentah yang berasal dari kulit kambing yang diolah menjadi sarung tangan, sepatu. PT Budi Makmur juga menghasilkan limbah cair  yang masih dialirkan ke sungai dan apabila tidak diolah dengan benar limbah tersebut bisa membahayakan ekosistem yang berada di sungai. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tahapan proses pengolahan limbah cair enyamakan kulit, parameter limbah cair sebelum dan sesudah melalui proses [engolahan (COD, BOD, TSS dan pH), kondisi pengolahan limbah cair penyamakan kulit.
Jenis penelitian diskriptif. Penelitian dilakukan dengan pengumpulan data lapangan dan laboratorium yang kemudian dianalisis dan dibandingkan dengan ketentuan teori dan baku mutu limbah cair penyamakan kulit yang ada.
Hasil penelitian menyebutkan sumber limbah berasal dari proses penyamakn kulit. Limbah cair yang dihasilkan kurang lebih 8.000-12.000 galon tiap 1.000 pond kulit basah yang diolah. Kualitas inffluen yaitu BOD 1.946,06 mg/lt, COD 1.965 mg/lt, TSS 1.774 mg/lt dan pH 7,50. Kualitas effluen yaitu BOD 98,61 mg/lt, COD 100 mg/lt, TSS 1130 mg/lt dan pH 7,49. Tahapan pengolahan limbah cair yaitu: bak penyaring, bak equalisasi, pengendapan, aerasi dan yang terakhir lumpur aktif.
Kesimpulan PT Budi Makmur sudah optimal dalam menurunkan kadar yang terkandung dalam limbah cair penyamakan kulit yang dihasilkan namun effluen yang dihasilkan masih melebihi baku mutu yang ada. Untuk PT Budi Makmur, disarankan untuk lebih memperhatikan pengolahan limbah cairnya.   

Daftar bacaan : 25 (1987-2012)
Kata kunci      : Limbah Cair Penyamakan Kulit
Klasifikasi      : 
Fulltext

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar