Senin, 22 September 2014

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkugan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2014

Abstrak
Taufik Nurohim (Taufiknuroim@yahoo.co.id)
STUDI DESKRIPTIF KADAR DEBU PADA BAGIAN PRODUKSI PABRIK KAYU UD. KARTIKA  SARI DI DESA PRIGI KECAMATAN SIGALUH KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2014. 
XVI+ 67, Tabel, Gambar, Lampiran 

Bahan, alat, produksi dan lingkungan kerja berpotensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan dan keselamatan kerja. Parameter kadar debu, suhu, kelembaban, kecepatan angin, arah angin merupakan  hal yang harus diperhatikan bagi pekerja dan lingkungan kerja sekitar untuk mengetahui kualitas lingkungan kerja, sumber bahaya, pengendalian resiko dan meminimalisir kecelakaan kerja.  
Tujuan penelitian adalah untuk mengukur kadar debu, suhu, kelembaban, kecepatan angin, arah angin pada proses produksi pabrik kayu UD. Kartika Sari di desa Prigi Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan crossectional . Jumlah sampel ada beberapa parameter yang diukur debu total, suhu, kelembaban, kecepatan angin, arah angin. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengumpulan, dan dokumentasi. Data disajikan dalam bentuk tabel, grafik, gambar dan lampiran.
Hasil penghitungan  kadar di bagian produksi pada lima titik didapatkan hasil melebihi standar dengan rata-rata 59,6224mg/m3, suhu melebihi standar dengan rata-rata 310C, kelembaban sesuai dengan standar dengan ratarata 54,4% (Kepmenkes No 1405/MENKES/SK/XI/2002 , kecepatan angin ratarata 0,12m/s, arah angin berbeda-beda arah.Pengukuran dilakukan pada pukul 13.51-16.30, dengan waktu pengukuran 30 menit/titik. Kesimpulan kadar debu di lima titik sampel melebihi standar kepmenkes 1405 (0,15 mg/m3), suhu melebihi dari persyaratan yang di tentukan, kelembaban sesuai dengan persyaratan yang di tentukan, kecepatan angin rata-rata 0,12m/s, arah angin berbeda-beda. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini pengelola melakukan perawatan mesin, mengurangi jam kerja, pada ruang produksi dilengkapi alat scrubbing, peletakan mesin blower lebih dekat dengan mesin, mengawasi pemakaian masker pada pekerja.
     
Daftar bacaan : 11 (1982 - 2014)
Kata kunci      : Udara, Debu, Pekerja, APD
Klasifikasi      : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar